0-3 Bulan

Galuh Nabhita Sasikirana Mardani, Lahir 17 Oktober 2011, 05:45. Dengan proses persalinan normal spontan, dibantu oleh dr.Ridwan SpOG, dr.Khairani Diman SpA, di Kemang Medical Care Women and Children Hospital.

APGAR : 9/10

BB : 3310 Gram

TB : 46 Cm

Menik kemudian pulang pada tanggal 20 Oktober 2011, setelah paginya bikin Ibu panik karena tiba-tiba badannya panas dan ternyata bilirubinnya agak tinggi. Sehingga ketika pulang, dikasih PR supaya ibu rajin jemur Menik setiap pagi dan harus disusui 2 jam sekali.

Imunisasi : Polio dan Hepatitis B.

Problem berikutnya adalah menyusui itu sulit. Butuh pelekatan yang tepat, dan perasaan senang supaya ASI lancar. Apa yang terjadi? Puting ibu lecet, luka dalam sekali, dan akhirnya ibu takut ketika waktu menyusui datang. Ibu lebih memilih untuk memerah dengan tangan kemudian memberika ASIP via feeder cup.

22 Oktober 2011

Paginya Menik puput pusar. Horeee🙂

Kontrol untuk cek bilirubin. Hasilnya masih terindikasi kuning tapi sudah mendekati normal.  BB 3310 gram, TB 48 cm, LP  35,2 cm. Pulang dikasih resep ezerra supaya Menik gak ruam.

29 Oktober 2011

BB 400 gram, TB 52.5 cm, LP 25.5 cm.

Ibu ketemu dr.Asti Praborini di KMC, rekomendasi dari dr.Sylvia dari klinik Laktasi KMC setelah ditemukan indikasi Tounge Tie (Tali selaput bawah lidah pendek). Sore itu dilakukan frenotomi (pemotongan tali selaput bawah lidah) supaya Menik bisa lebih mudah menyusui.

02 November 2011

BB 3280 gram. TB 52.5 cm. LP 35.5 cm.

Kontrol ke dr. Asti, ternyata BB Menik turun dan ketika di cek, menyusui masih bunyi kencang tanda latch on tidak sempurna. Frenotomi kedua dilakukan, decapan berkurang drastis, dan Menik bisa latch on dengan mudah.

05 November 2011

BB 3340. TB 52.5 cm. LP 36 cm.

Akhirnya BB Menik bertambah, naik 60 gram dalam 3 hari. Supaya luka bekas frenotomi sembuh, Menik dikasih salep Daktarin Oral Gel.🙂

Sejak hari ini, menyusui Menik menjadi hal yang menyenangkan dan selalu ibu tunggu.

19 November 2011

BB 3970 gram. TB 53 cm. LP 36 cm.

Dalam 17 hari, Menik udah bertambah 790 gram. Hari ini diberikan imunisasi Hepatitis B yang kedua. Menik dinyatakan sebagai bayi yang sehat. Horeee😉

16 Desember 2011

BB 4780 gram. TB 55.5 cm. LP 38.5 cm.

Hari ini Menik kontrol untuk imunisasi. Karena dr. Khairani dan dr. Asti sudah pulang, jadi ketemu dr. Ami di KMC. Menik diimunisasi DPT-HIB-Polio & BCG. Imunisasinya pake panas lohh, dan ternyata daya tahan tubuh Menik bagus, sehingga tidak sempat panas tubuhnya🙂

Dikasih chart Denver untuk memantau milestone. Di usia 1 bulan 29 hari, Menik sudah bisa mengangkat kepala, bergerak seimbang (kaki kanan kiri, tangan kanan kiri, semua seimbang), mengeluarkan suara, bereaksi terhadap bunyi, kepala terangkat 45 derajat, fokus mata dan bergerak melewati garis tengah, menatap muka, membalas senyuman, dan tersenyum spontan.

Kembali untuk imunisasi usia 4 bulan🙂

05 Januari 2012

Ibu bawa Menik ketemu dr. Osrizal Oesman di RSIA Restu, ini adalah dokter ibu waktu masih kecil. Ibu pengen tau kenapa badan menik ada bruntus-bruntus, dan ternyata hanya iritasi biasa. Diresepin cetirizyn drop tapi tidak usah dikasih kalau Menik tidak gatal. Bruntusannya diolesin VCO saja kata beliau. hehehehe…

Bulan Januari 2012, Menik hampir 3 bulan. Sekarang Menik udah mulai merhatiin tangan dan kaki sendiri, makin sering ngoceh dan mulai bisa berinteraksi, membalas omongan orang apalagi kalau diajak ngobrol sama Ayah, seruuu banget ocehannya. Menik juga sudah bisa guling-guling kanan-kiri, pernah tiba-tiba telungkup sendiri, dan sudah makin tinggi dan lama durasi angkat kepalanya. Suara tangisan makin bervariasi, udah tau kalo di kamar sendiri pasti teriak ngasih kode, manggil supaya ditemenin.

10 Januari 2012

Menik mulai ngangkat kepala dan badan kedepan waktu digendong menghadap depan. Dan udah bisa ngenalin muka ayahnya, liat lukisan wajah ayah, langsung ngoceh ngajak ngobrol. Bisa kenalin suara Ayahnya via telpon jugaaa.. Emosinya mulai tambah nih, udah bisa ngerasain banyak hal sepertinya. Reaksinya mulai berubah ketika melihat banyak hal😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s