Selaras Inspiring Class : Hand Lettering Workshop!

Sebelum cerita jalan-jalan singkat di Jogja kemarin, ceritain yang tadi pagi kejadian dulu ya.

Biasa, si ambisius, baru pulang dari Jogja dan sampai di Bandung pukul 5.30an padahal tapi tetap masuk kelas belajar menulis indah, dong, yang udah susah-susah disimpenin seat-nya sama Feni alias @besinikel yang jadi mentor di Selaras Inspiring Class hari ini.

11

Jadi ternyata kelas ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT @Emeno_Nursing yang ke lima. Emeno membuat serangkaian acara bertema Empowering Mama, untuk menyemangati para ibu terutama ibu baru melahirkan dan menyusui yang terkadang merasa useless karena nggak ada kegiatan lain selain menyusui dan menyusui. Di Bandung, Emeno bekerjasama dengan Selaras, guest house yang nyaman banget dan ada di tengah kota Bandung, menggelar kelas singkat belajar menulis indah yang kekinian: Hand Brush Lettering!

Let’s take one step back first, saya harus akui kalau saya ini ingin sekali bisa berkesenian dengan tangan. Pas SD sudah pernah les menyulam dan scrapbooking. Lalu kemarin sempat ikut workshop menyulam, dan hari ini berkesempatan ikutan kelas pendek hand lettering. Ketika hand lettering ini menjadi tren, saya takjub dam gemas melihat kelihaian tangan orang-orang menggunakan kuas dan tinta. Jangankan menulis menggunakan kuas, mewarnai pakai cat air saja susah! Rasanya emang nggak jodoh sama cat dan kuas. Kecuali cat temboh rumah dengan roller brush yang tinggal sret-sreet!

Happy banget pas nemu pengumuman Feni di IG-nya. Dan rezeki, ya, walau last minute baru bisa konfirmasi, tetap kebagian satu seat. Tadinya, saya udah mau mengundurkan diri aja, mengingat jadwal kereta sampai di Bandung jam  5.21, tapi ada suara yang bilang “kesempatan tidak datang dua kali”, jadi cuss deh ke Selaras dalam keadaan trippy alias setengah sadar karena semalam di kereta hanya tidr sekitar 3 jam, hahahaha.

Kelas dibuka oleh Adenita, Anggi, dan Feni. Lalu langsung ke materi utama yaitu Basic Strokes! Kayak gini nih:

2

Gampang, ya? IYA, GAMPANG KELIHATANNYA! Ada teknik memutar, mengangkat, dan menekan kuas untuk bisa menghasilkan garis yang indah. Eh, sebelumnya dikenalin dulu, deng, sama alat-alatnya. Ada kuas, yang banyak jenis-merek-dan nomornya, tinta cina, dan cat air. Lalu ada kertas HVS 100 gram untuk berlatih dan dua watercolor paper untuk berkreasi di akhir kelas.

Feni mengajarkan cara membuat garis lurus, miring, meliuk, tebal, dan tipis. Setelah itu boleh, deh, mencoba belajar menulis sesuai keinginan masing-masing. Ketika membuat garis, saya merasa tidak ada kesulitan. Frustasi dimulai saat membuat garis tebal yang rupanya tidak semudah tangan-tangan di video yang bertebaran di Instagram. Ada cara menyapu kuas agar tidak terputus dan konsisten.

3

Oh iya, ternyata hand lettering ini merupakan salah satu terapi ketenangan, kalau memang bisa dinikmati. Menurut Feni, setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda, dan Feni menemukan ketenangan saat duduk diam berkreasi bersama kuas dan catnya. Ya, mungkin sama seperti saya yang merasa tenang kalau bisa makan pisang goreng, bala-bala, dan kopi susu sepuasnya, HAUHUAHUAHUAA..

 

Happy sekali hari ini bisa ikutan Selaras Inspiring Class. Semoga ada banyak kelas pendek lainnya yang bisa membuka pengetahuan, pengalaman, dan menambah pertemanan tentunya. Selamat ulang tahun buat EMENO Nursing Wear, semoga dagangan makin laris, dan makin banyak memberikan inspirasi untuk perempuan di Indonesia.

4

**

All photos taken from Selaras Guest House Facebook Page, captured by @Niseng and his friend. :))

One thought on “Selaras Inspiring Class : Hand Lettering Workshop!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s