#SepertinyaKualat Part Deux!

Sudah lihat videonya? Di sini, Menik bercerita tentang Three Little Pigs and The Big Bad Wolf. Menik ini mudah menghafal cerita yang saya bacakan. Cukup dibacakan 2-3 malam berturut-turut, besoknya pasti sudah hafal.

Nah, sebetulnya duluuuu waktu lagi hamil, saya suka mengernyitkan dahi setiap mendengar anak kecil di Indonesia, yang orang tuanya pure orang Indonesia, ncusnya juga orang Indonesia, tapi anak ini berbicara bahasa Inggris. Dan dicampur-campur. Misal:

“Sus, ayo kita kasih makan fishnya! Ikannya hungry, Sus!!”

“Hai cat! Look, cat-nya cute banget, Mom!”

*Rolling Eyes*

Dan karena waktu itu saya hamil, saya mengusap perut dan bilang “Duh, kalau nanti punya anak, nggak mau kayak gitu!” *nada nyinyir*

Lalu dihardik suami “Sstt, nggak boleh gitu. Kualat, nanti!”

“Iyaaa, maksudnya semoga anak kita bisa ngomong bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau mau ngomong bahasa asing juga ya, yang bener. Nggak dicampur gitu..” *nada kalem*

Waktu berlalu, dan anak yang tadinya ada di dalam kandungan sudah hampir berusiang 5 tahun. Senang dibacakan buku, dan alhamdulillah ada rezeki untuk membeli berbagai buku anak-anak. Bukunya ada yang bahasa Inggris, ada juga yang bahasa Indonesia. Campur gitu aja. TAPI, lagi-lagi sepertinya saya kualat ini. Karena udah kenalan sama YouTube dan NickJr, jadi anak ini seneng berbicara pakai bahasa Inggris! Walau kalau saya tantangin balik, lalu dia rikues “Bu, pake bahasa Indonesia saja, ya!” tapi kalau lagi main sama temennya, mereka main sambil ngobrol pake bahasa Inggris. AJAIB tapi kesel dalam hati. “Yailah, Menik. Ngemeng apaan??”

Tapi ini murni selera pribadi, sih. Menurut saya, baiknya memang anak-anak ini berbahasa ibu dulu dengan lancar. Baru setelahnya, belajar bahasa asing sebanyak-banyaknya.🙂

Lagi-lagi kualat, gaesss!

2 thoughts on “#SepertinyaKualat Part Deux!

  1. HAHAHA.. kok sama!
    Bahkan pas awal2 punya anak juga suka “Yaela kalo ngomong inggris ya inggris aja keleus, nggak usah campur2” kalo lihat anak dan ibu ngomong campur2 gitu. Lah, kualat juga. Langit demen ngomong campur2 sekarang dooong! Untung campur2nya sama Inggris, bukan sama Bahasa Jepang yang emaknya nggak ngarti :))))

    Yaudah nikmatin aja, sambil ketawa2 karena suka kocak seperti kemarin dia minta ke budenya (kakak gue) ngupasin jeruk, “Bude, please help me ‘khupashin’ orange”, ngomong kupasinnya ala-ala enggres gitu :)))) auk ah nak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s