Fix The 5E Error Code On Samsung Washing Machine

Wow, judulnya panjang!

Jadi saya punya mesin cuci front load alias bukaan depan merek Samsung. Suami beliin ini pas saya hamil 6 bulan, karena nantinya bakal banyak cucian pas udah punya bayi, gitu ceritanya. Ini foto pertama sama jajanan elektronik besar setelah menikah, hahahaha.

image

Semenjak dibeli tahun 2011, mesin cuci ini nggak pernah bermasalah sama sekali. Hingga akhirnya kemarin mulai muncul kode-kode error dan mesin berhenti bekerja di sisa waktu 12-17 menit.

Koder error yang muncuk pertama SDS. Lihat manual book, ternyata itu kode kalau terlalu banyak penggunaan deterjen. Front Load ini memang terkenal irit air dan deterjen. Masalah beres.

Eh, dua minggu kemudian kode yang muncul adalah 5E. Cek lagi di manual book, ternyata ini kode untuk masalah di bagian saluran pembuangan. Akhirnya saya cek YouTube dulu supaya beneran tahu langkah-langkah pengosongan saluran pembuangan. Ini dia video yang saya lihat:

Jadi langkahnya:
1. Buka kotak kecil di bawah kanan, tarik selang kecilnya.

2. Siapkan mangkok atau baskom, buka tutup selang kecil dan tampung air kotornya. Lakukan sampai air habis.

image

3. Nyalakan mesin, putar ke ‘drain’ dan pijit ‘start’. Lakukan berulang kali, untuk pengosongan saluran pembuangan tadi hingga benar-benar kosong.

4. Buka tutup besarnya, lalu bersihkan. Ini adalah saluran kotoran. Kemarin saya menemukan koin dan jarum pentul. Hehee..

5. Tutup semua saluran dengan rapat.

image

Selesai!😉

Hidung kembang kempis ini pas bisa menyelesaikan masalah sendiri. Rasanya langsung pengin nyanyi lagunya Beyonce yang Who Run The World? Hahahaha

Jadi kalau misalnya mesin cuci ngadat dan kasih kode-kode gitu, coba aja ikut petunjuk manual book dulu sebelum ngadu ke service center. Eh, masih pada simpan manual book pasca beli barang kan?😉

5 thoughts on “Fix The 5E Error Code On Samsung Washing Machine

  1. salam kenal saz🙂. saya punya mesin cuci model gini, udah 10 tahun (diwaris mertua) dan masih awet smpe sekarang. merknya Lux. awet karena dulu dikasih tau sama salesnya disuruh bersihin kayak yang kamu lakuin ini. dan tambahan lagi, bberapa bulan sekali disarankan untuk “cuci” mesinnya, dengan cara nyalain kayak mau cuci biasanya tapi tanpa deterjen, tanpa baju. jadi biar bersih dan lebih optimal kerjanya. bisa dicoba.. eniwei, i like your blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s