Bakteri Baik Sahabat Saluran Cerna

Guts-and-Gross-Stuff-How-to-Teach-Kids-About-the-Digestive-System

Sebagai salah satu keturunan keluarga yang punya masalah utama pada lambung, saya jadi sering sekali mencari tahu soal kesehatan area seputar perut. Soalnya kan yang namanya masalah di perut itu pasti ganggu banget, ya. Kalau pada orang dewasa, kena diare, sembelit, atau maag misalnya, itu bakalan ganggu aktivitas harian. Sama halnya pada sistem cerna si Kecil. Kalau anak terkena penyakit pada daerah perut, pasti aktivitasnya akan sangat terganggu. Makanya sebagai #BundaBijak sudah sepatutnya nutrisi anak diperhatikan dengan seksama.

Menurut Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., Ada dua nutrisi penting untuk anak yang harus menjadi perhatian orang tua right after the baby born. Pertama, nutrisi untuk pertumbuhan otak yang sudah dimulai sejak minggu ketiga kehidupan. Kedua adalah nutrisi untuk perlindungan. Ketika mencari tahu soal perlindungan inilah, saya kenalan lebih lanjut dengan yang namanya probiotik.

Probiotik ini berasal dari bahasa Yunani, Pro Bios, yang artinya untuk kehidupan. Jadi probiotik ini merupakan mikroorganisme hidup yang secara alami ada di dalam setiap tubuh untuk melindungi saluran pencernaan. Dulu saya hanya tahu kalau probiotik bisa didapatkan dari minuman kemasan dengan klaim mengandung bakteri baik tersebut. Tapi ternyata probiotik ada dimana-mana😉

Jadi gini, tubuh kita didominasi oleh bakteri dengan jumlah 10 kali lipat lebih banyak dibanding dengan jumlah sel dalam tubuh kita. Hasil penelitian ilmiah menunjukkan kalau ada beberapa strain probiotik yang sudah terbukti dapat membantu menjaga dan melindungi daya tahan tubuh seperti Bifidobacteria dan lactobacillus.

Lalu apa hubungannya, nih, probiotik dan saluran cerna?

Hmm, masih ingat nggak dengan fakta kalau 80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna? Jadi penting banget untuk mastiin saluran cerna dalam keadaan sehat. Karena kolonisasi bakteri baik pada saluran cerna akan membantu pematangan sistem daya tahan tubuh yang ada pada saluran cerna. Dengan saluran cerna yang sehat, maka daya tahan tubuh juga akan bekerja maksimal. Gitu kan, logikanya?

So how can we get this good bacteria?

Ada banyak sekali sumber probiotik yang akan menjaga kesehatan saluran cerna. Pertama adalah ASI. ASI ini mengandung probiotik, loh! Inilah kenapa ada banyak sekali suara yang bilang “berikan ASI pada bayi Anda untuk membangun pertahanan tubuh sejak dini”. Lalu beberapa sumber probiotik lainnya adalah :

  1. Yoghurt
  2. Tempe
  3. Susu Kedelai
  4. Sup Miso
  5. Teh Kombucha atau teh hitam
  6. Kefir
  7. Keju cheddar, ghouda, dan parmesan
  8. Susu yang mengandung probiotik, seperti DANCOW EXCELNUTRI+ yang memang menambahkan kombinasi Lactobacillus Rhamnosus dan Bifidobacterium longum.

Jadi sebetulnya cukup mudah, ya, untuk menjaga asupan probiotik dalam tubuh jika melihat contoh diatas? Kunci untuk menjaga saluran cerna adalah serat alami dan air putih yang cukup plus konsumsi sumber probiotik. Mudah-mudahan si perut bisa terjaga sehingga proses tumbuh kembang dan aktivitas si Kecil semakin maksimal.

Sehat selalu, ya!

Gambar dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s