[RESEP] Oreo Wacky Cake

Kue ini Menik yang buat. Jadi seharian tadi, Menik sibuk ngoceh “Bu, ayo kita bikin brownies, yok!” berulang kali. Akhirnya saya beranjak ke dapur, tapi ternyata bahan yang tersisa hanya tepung Ladang Lima. Saya nggak menemukan sisa bubuk coklat, choco chip, bahkan baking powder pun tak ada! Ya gimana mau buat bownies, kan?

Sejujurnya, hari ini saya masih capek. Setelah Jumat-Sabtu-Minggu kemaren ada aja yang dikerjain nggak habis-habis. Tapi kasihan Menik karena matanya kayak semangat banget pengin bikin kue. Mau nggak mau, seret kaki ke indomaret tapi ternyata masih dikasih tantangan. Sampai di Indomaret, yang dicari nggak ada semua. Pulang dengan dua bungkus Oreo, pede aja tadi bilang ke Menik “kita bikin kue Oreo aja, ya?” Untung yang lagi semangat bikin kue setuju haha..

wacky6

Sambil mikir, gimana ini caranya resep brownies yang nempel di kepala, dimodifikasi dengan bahan seadanya. Dan akhirnya ini dia bahan yang terpakai:

  • 1 1/2 cup Tepung Ladang Lima (ini bukan diendorse, cyin! hahaha emang punya tepung sehat pengganti terigu dari bahan singkong dan tinggal si tepung ini doang yang ada di rak. Jadi kalau adanya dan mau masak pakai terigu biasa, ya, monggo aja!)
  • 1/4 cup Milo bubuk (pakai Milo 3in1 karena di rumah adanya itu) -ceritanya buat gantiin coklat bubuk :p
  • 3 sdm gula pasir (ini kira-kira, karena mau masukin Oreo dan udah pake Milo yang 3in1)
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt baking powder (ini asal aja masukin pengembang! Hahaha nggak ada baking soda :p)
  • 5 sdm minyak sayur
  • 1 sdt cuka apel
  • 1 cup air
  • 1 bungkus Oreo yang tumbuk kasar
  • 2 sdm gula palm (ini akhirnya ditambahin karena pas dicicipin kurang manis hahaa)
  • Mentega untuk olesan saat sudah matang

Oh iya, ini Menik yang buat. Jadi seperti biasa, saya hanya menakar bahan, lalu Menik yang masukin bahan dan mengaduknya. Saya langsung gunakan loyang 8 inch (biar nggak banyak cucian. Iya, saya memang sedang malas hehehe)

Cara bikinnya? Mulailah dengan memanaskan oven. Saya pakai oven tangkring, jadi nggak tau suhunya. Tapi kalau mau coba di oven listrik, bisa pakai suhu untuk bikin brownies, ya!

Menik mulai dengan mencampur semua bahan kering ke dalam loyang yang tidak dialasi apapun (jadi nggak dioles mentega, minyak, atau apapun. Loyang bersih saja) hingga rata. wacky1

Kalau sudah rata, buat dua lubang di adonan kering dan tuang cuka apel di satu lubang, lalu minyak sayur di lubang lainnya.Tuang air matang, dan aduk rata.

wacky3

Kalau balita yang masak, sabar, ya. Sabar ngeliat adonan nggak rata, sabar lihat cipratan tumpah, dan sabar lainnya. Kalau sudah rata, masukkan Oreo yang sudah dihancurkan, dan aduk hingga rata.

wacky2

Nah, tadinya saya belum pakai gula palm, tapi pas sudah saya aduk ulang dan cicipi ternyata kurang manis. Inisiatif aja masukin gula palm dua sendok makan supaya nambah manis dan harum.

wacky7

Masukkan ke oven, panggang selama 25-30 menit. Kalau sudah matang (cek dengan tusuk gigi ya) keluarkan dari oven, oles dengan mentega saat masih panas. Potong kotak-kotak kalau hawa panas sudah hilang, dan sajikan!

wacky5

Jadi, deh!! Udah pasti enak karena ada Oreo dan pakai Milo. Dan nggak susah, karena Menik aja bisa, masa kamu nggak? Hehehehe..

No milk, no egg, no butter, no mixer, no cucian banyak, no bete karena ternyata enak :p Selamat mencoba!

6 thoughts on “[RESEP] Oreo Wacky Cake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s