Ide Bermain : Cut & Paste

Salah satu hal yang bisa membuat Menik duduk tenang adalah menempel. Kalau menggunting, hingga saat ini, anaknya masih suka kurang sabar, jadi banyaknya saya bantu saat menggunting. Tapi, progress kekuatan jari tangannya udah jauh lebih baik.  Makanya main gunting-tempel ini selalu jadi salah satu pilihan utama Menik. Dulu, saya sempat cerita juga soal kegiatan menempel Menik di sini. Jadi sepertinya memang main lem merupakan salah satu favoritnya!

Salah satu variasi permainan gunting tempel ini adalah Pakaikan Pakaian! Ide ini tentu saja saya dapatkan dari IG ibu kreatif sepanjang hari @StellaSutjiadi. Yang perlu disiapkan adalah :

  1. Gambar berbagai jenis baju atauasan, celana, dan asesoris pelengkap busana di beberapa kertas berbeda. Kalau mau, sekalian aja dikategorikan masing-masing, jadi anak sekalian belajar kategori pakaian.
  2. Kertas bergambar kepala orang dengan jenis kelamin berbeda.
  3. Gunting, lem, spidol, dan alat mewarnai.

Plan A saya sebetulnya selain gunting dan menempel  Menik juga harus mewarnai baju dan asesoris pelengkapnya. Namun, rupanya Menik sedang tidak moodl mewarnai. Jadi saya langsung cepat-cepat menggambar ulang beberapa baju di kertas berwarna agar Menik tidak perlu mewarnai lagi.

Dan seperti yang saya bilang, kalau mood nggak oke, Menik akan malas menggunting. Kejadian kayak pas lagi main ini, saya yang guntingin. Tapi sisanya Menik yang kerjakan. Dari mulai memilih baju, menempel, hingga menggambar kelengkapan anggota tubuh.

Permainan ini selalu berhasil menyita perhatian Menik selama 1-1,5 jam. Biasanya saya membuat dua contoh gambar kepala dulu, random aja. Lalu nanti Menik lanjut rikues minta gambar Ayah, Ibu, Adik, dan kadang kalau lagi semangat, bisa akhirnya gambar sendiri dari awal.

Kalau sedang bepergian, bisa juga masuk jadi opsi isi busy book. Tapi enaknya, sih, semua baju sudah digunting dan masuk ke kantong. Lalu gambar kepala juga sudah disiapkan, jadi nanti di mobil atau pesawat atau kereta, anak tinggal mulai memilih, menempel dan mewarnai.

Selamat bermain, ya!

One thought on “Ide Bermain : Cut & Paste

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s