Akhirnya Ke Erha

Setelah menimbang beberapa hal, dan tanya ke teman-teman yang memang pelanggak klinik kecantikan ini, akhirnya saya berangkat, deh, ke Erha Clinic yang ada di Jl. Cimanuk No 16. Gampang bener ini cari lokasinya ada di belakang Gedung Sate, Bandung. By the way, sebetulnya saya sudah tahu lama tentang Erha. Terutama dari Mama mertua, sih. Karena jauh sebelum saya pacaran sama anaknya yang laki, saya tahu rutinitas mama dan kedua anak perempuannya yang rajin ke klinik Erha di Kelapa Gading sana. Lalu beberapa sahabat saya juga merupakan pelanggan Erha, dan kulit mereka memang bersih, gitu, bok.

Kenapa akhirnya memutuskan untuk ke Erha? Karena saya pengin ketemu dokter kulit dulu tapi nggak mau ke rumah sakit (BM, ya! Iya, banyak mau!! Haha) Semua cerita soal Erha positif, jadi fix, deh, saya coba. Sambil berdoa juga semoga dokter dan krim perawatannya cocok. Pokoknya tujuan utama adalah mengetahui kondisi kulit.

Jpeg

Jpeg

Saya bikin janji hari Kamis dua minggu lalu dengan Dr. Prawindra Irawan, M. Kes., SpKK. Ketika baru sampai, registrasi dulu lalu naik ke lantai 2 menuju ruang tunggu praktek dokter. Saya menunggu sekitar 15 menit, deh, hingga suara suster terdengar memanggil “Nyonya Sazkia”. Tenang, selama nunggu nggak akan mati gaya karena ada TV, majalah, air minum yang bisa diambil sesuka hati, dan colokan listrik buat ngecharge x)). Waktu milih dokter gimana? Seperti kebiasaan saya yang sudah-sudah, saya memilih dokter yang jadwalnya sama dengan waktu kosong saya. Semoga cocok, kalau enggak, ya udah, tinggal cari lagi aja. Nggak cari referensi dulu? Enggak, hahaha, karena kalau saya biasanya memilih sendiri dulu, nanti kalau rasanya ada yang mengganjal baru cek testimonial di forum-forum :p

Psstt, sebelumnya saya hampir salah masuk loh, karena ada suster yang manggil nama “Sazkia” juga tapi ke ruang dokter lain. Udah ge-er, pede mau masuk, tiba-tiba orang lain masuk. Susternya nanya nama panjang kami, dan akhirnya another Sazkia yang masuk. Malu, deh, zzz! x’)

Jpeg

Okay, akhirnya saya masuk nih, ke ruang dokter Indra. A big wide smile just welcomed me. Mulai deh, curhat seputar permasalah kulit wajah dan hati.

“Dok, saya belum pernah perawatan kulit wajah sama sekali, nih. Umur udah 30 tahun. Telat nggak?”

“Sebetulnya perawatan terbaik dari usia 20-an, Saz. Tapi nggak apa-apa, kita cek dulu aja kondisi kulitnya. Nanti bisa ditentukan treatmentnya. Sus, difoto dulu pasiennya”

WHAT? Jadi difoto dulu pake kamera pocket milik klinik sambil pegang kertas bertuliskan nama dan nomor rekam medik.  Haha :p Setelah itu, saya naik ke tempat tidur dan dokter Indra mulai periksa kondisi wajah dengan seksama.

“hmm, kering, ya, Saz. Agak kusam juga. Sun exposed, jadi ada flek walau nggak terlalu terlihat, dan pori-pori agak besar di seputar hidung. Okay! Yuk, saya jelasin cara perawatannya.”Jpeg

Jadi setelah diperiksa, dokter Indra menjelaskan kalau sekarang yang utama adalah mengatasi kulit kering yang sangat terlihat akibat pergantian musim. Setelah itu nanti dilanjutkan untuk masalah fleknya. Pak Dokter kasih tahu kalau nanti ada 1 sabun cuci muka, 2 krim pagi, dan 1 krim malam. Nanti setelah 2-3 hari pertama setelah pemakaian krim, akan terasa perubahannya. Biasanya terasa memburuk karena kulit melakukan penyesuaian. Selama tidak terjadi iritasi seperti mengelupas dan memerah, maka biarkan saja.

Selesai dari ruang dokter, saya kembali ke bawah mengambil kertas oranye kemudian antri di depan kasir. Sempat deg-degan, nih, pas mau bayar. Takutnya mahal banget, secara tampilan kliniknya sophisticated gitu.

Jpeg Jpeg

Jpeg

I am so happy to see my bill, totalnya Rp420.000,- untuk 1 sabun muka dan 3 krim wajah plus biaya konsul. Menurut saya, harganya masih masuk akal.Ternyata untuk biaya konsul dokter spesialis (dan semua dokter kulit di ERHA ini sudah spesialis), semua sama di Rp140.000,- dan nanti tinggal ditambah biaya krim perawatan sesuai resep dokter yang rata-rata harganya di Rp60.000,-/jar😀 Lalu apotekernya juga memberikan petunjuk ulang cara pemakaian krim dan sabun mukanya, serta di struk ini ada keterangan isi setiap krim. Cuss deh, semoga cocok ini semua krim perawatan.

Verdict

Jpeg

Mulai malam itu, saya mengganti sabun muka dan mulai memakai krim malam. Besok paginya juga begitu, saya memakai moisturizer lalu foundation setelah mandi pagi, dan mengulanginya setelah shalat Dzuhur. Karena udah niat ke dokter segala, jadi saya memaksa diri saya untuk tidak melupakan krim pagi-siang-malam setiap hari.

Hari kelima setelah pemakaian, saya mulai merasakan perubahan. Kulit terasa semakin kering, bagian dagu keluar bruntus-bruntus kecil. Sesuai petunjuk, karena tidak terjadi iritasi dan tidak ada rasa gatal, maka pemakaian krim saya teruskan. Setelah tepat seminggu, mulai deh, terasa kulit yang lebih lembab walau masih ada beberapa bruntus kecil yang muncul. Cek foto saya dibawah, ya. Dari nomor 1-4 adalah perubahan selama dua minggu ini. Kalo warna kulit agak beda-beda itu karena cahaya matahari aja, ini nggak ada yang diedit haha.. serius! Lihat, deh, dari nomor 1, kelihatan banget kulit keringnya terutama bagian hidung, pipi bawah dekat dagu, lalu bandingkan sama nomor 3. Terlihat lebih lembab, kan?🙂 Nomor 4 itu saya foto pas kena sinar matahari, jadi putih bener, ya!! Aslinya nggak begitu, kok, jadi tenang, permintaan saya untuk MEMBERSIHKAN & MENCERAHKAN bukan MEMUTIHKAN didengar dokter hehehe.

erha

Hari ini adalah hari ke 13, besok tepat dua minggu dan saya akan kembali konsul ke dokter Indra di Klinik Erha Cimanuk. Sejak dua hari lalu, bruntus kecil di wajah sudah hilang, lipatan kulit hidung-pipi yang biasanya kering dan mengelupas, sudah mulai lembab, dan keseluruhan kulit wajah memang tampak lebih terawat. Jadi begini, ya, rasanya merawat kulit wajah! Biasanya kalau dalam musim peralihan, kulit wajah saya dapat dipastikan kering kerontang. Sekarang mulai membaik😀

Besok kalau konsul, saya mau tanya soal serum wajah dan facial, deh. ‘Till tomorrow, Erha!

43 thoughts on “Akhirnya Ke Erha

  1. Beliau preseptorku pas koass di kulit looooh. Orangnya baik, pinter, ramah, dan jago main bass. Paling betah bimbingan sama beliau meskipun hatus berjam2. Selain ganteng, ngajarnya juga enak. Kita biasa manggil beliau dengan dr.Praw. hehehe. Salam ya, buat dr.Praw. :’)

  2. Begini kak, nama saya Reynaldo, mahasiswa jurusan Teknik Industri UNIKA Atma Jaya. Saat ini saya sedang menyusun tugas akhir (skripsi) saya yang studi kasusnya tentang Erha. Saya ingin minta tolong kakak, sebagai pembeli dan pemakai produk Erha untuk menyempatkan diri mengisi kuesioner saya. Saya butuh sekitar 300 responden.

    ini form nya
    http://goo.gl/forms/GNnb0D8Adv

    kalo bisa minta tolong temen2 kakak juga yang menggunakkan produk ini untuk mengisi.
    thank you kak🙂

  3. Ak pengen nyoba di erha clinic buat masalah wajah ku yg kering , tp masih takut kalau misal nanti berhenti kira2 rusak gak ya kak saz , tlong dong share pengalaman🙂 makasih

  4. Halo salam kenal Mbak Sazkia. Perkenalkan saya Made. Beberapa hari ini saya sedang hunting tempat untuk perawatan wajah. Kebetulan saya pernah ke Erha untuk perawatan sakit kulit (bukan wajah). Lumayan membaik tapi agak lama memang. Nah kali ini keluhan saya hampir serupa dengan problem Mbak. Kulit kering kerontang. Apalagi karena sehari-hari berada di ruangan ber-AC. Jujur saya pengin kembali lagi ke Erha, tapi khawatir kurang cocok, beberapa teman ga cocok.

    Menurut Mbak untuk problem kulit wajah kering lumayan membantu kah? Seriously, I just need a supporter. Hahaha.
    Terimakasih sebelumnya.🙂

    • Halo Made!

      Saya jawab berdasarkan pengalaman pribadi, yaaa😀 Kalau buat saya, pelembab dan langkah perawatan dari Erha ini membantu memperbaiki tingkat kelembaban kulit. Mungkin juga cocok dengan dokternya, jadi rasanya pas formulanya. Kalau kata saya sih, dicoba aja, toh Erha punya dokter kulit, ya, bukan sekadar ahli kosmetik. Pas konsul, tanya yang banyak dan yakinkan bahwa dokter akan memberikan formulasi yang pas!

      Good luck😉

    • Hai Afika, kalau saya nggak merasa tergantung ya. Setelah intensif 3 bulan memakai Erha, saat ini saya sedang ganti produk lain. Alhamdulillah, nggak ada masalah, karena perawatan dengan produk lain tetap dilakukan rutin. Kunci dari kulit sehat adalah perawatan rutin, kan ya?😉

  5. hai kak sazkia cantik. aku juga lagi nyari-nyari klinik yang bagus dan sesuai kantong hihi soalnya masi mahasiswa. btw itu produk yang kak sazkia pake sepaket gitu bertahan berapa lama ya kak? soalnya emg banyak review bagus si tentang erha. makasih kak

  6. Hai kak Sazkia, aku juga ini lagi pengen ke erha yg di cimanuk bdg. Cuman lagi nyari2 saran. Oh iya kak, itu utk dokternya memang harus telpon buat janjian dulu? atau kita datang lgsg ke erha nya trus milih dokter ? Kan di atas kakak bilangnya udah janjian sama dokternya 2 mnggu yg lalu. Mhon dibantu. Mkasih kak🙂

  7. Assalamualaukum mba mau tanya dong untuk kulit berjerawat buat ngilanginnya dan bikin kulit gak kusam tanpa petrawatan faical dll, cukup konsul dan memakai krim krim itu kira kira kisaran berapa ya harganya? .

  8. Halo kakak saski, aku dari dulu penasaran nih sama erha..liat temen2 yang kesana jadi cerah gitu kulitnya. Curhat dikit boleh ya..nah kulit aku tuh berminyak dan jerawatan gitu, jadinya kalau kelinikk tuh dikasih krim dan obat jerawat gitu, jd jatohnya agak mahal. Sekarang au tuh udah 2 tahun di klinik vidiz baniar antapani, jerawatnya udah lumayan tapi gemes sama kulitnya yang tak kunjung putih. Dokternya kayak ga mau ngasih pencerah wajah gitu soalnya kulitku kadang2 masih jerawatan hehe. Sekian curhatnya. Aku mau tanya beberapa hal nih boleh yaa?
    1. Kakak tau orang yang perawatan di erha dan kulitnya berjerawat gitu ga?kalau ada, cocok ga disana dan kulitnya cerahan ga?:p
    2. aku lihat kulit kakak kan masih bagus gitu ga terlalu banyak masalah, nah kalau yang berjerawat kaya aku tuh biasanya perawatn pakai alat gitu (terutama buat ambil komedo ampe disuntik gitu jerawatnya) nah di erha ada ga?kalau ada mahal ga ya kira2? makasih banyak kak,
    keep writing ehehehe😀

    • Halo Wita, ada beberapa yang nulis cerita perawatan di Erha dengan kondisi jerawat yang akut, hasilnya lumayan membaik. Tentunya sepanjang pengetahuanku, ya, perawatan jerawat itu harus sabar dan telaten. Selain perawatan dengan krim dan lain-lain, kadang ada obat yang harus diminum dan menjaga pola hidup.

      Untuk pertanyaan kedua, kalau aku nggak salah, ada sih alat-alatnya, tapi selama aku perawatan, treatmentnya halus. Menurut therapistnya nggak semua jerawat harus dikerasin :p Soal mahal atau murah ya relatif, coba aja telp atau datang konsul ke dokter dulu, jadi bisa kira-kira mau perawatan apa aja🙂

    • Boleh ditolak, lah. Kan kita pasiennya, dokter hanya kasih saran😉 Kalau dirasa nggak perlu, coba minta penjelasan lebih lanjut ke dokternya. Jadi saat ambil keputusan sudah jelas semuanya..

  9. Mba skrg masih pakai erha lg tdk? Itu ketergantungan ga yah?? Apa boleh stop jika sudah sembuh??

    Btw, minggu lalu saya abis dr pantai, dan itu lumayan panas, sunblock sya aja ga mempan. Alhasil wajah saya langsung iritasi, panas, merah, kering dan beruntusa. Baru kemarin saya ke klinik erha, dikasih obat dalam 2 jenis dan pencuci muka untuk kulit sensitif/iritasi. Dan krim pagi&malam semuanya untuk satu minggu kedepan, dengan syarat tdk boleh pakai bedak sementara dan mnggu depan saya balik lagi ke dokter monica di erha pondok indah. Malamnya saya minum obat dan pakai krim dari erha, dan pagi hari keringat dahsyat pas bangun tidur. Pas ngaca udah langsung muka saya ga merah lagi. Tgl bruntusan dkit sja. Saya senang sekali langsung cocok, gak sia-sia keluarin duit yg lumayan menguras dompet. Tapi sih ini pengennya sekali aja kesana biar ga bulak balik lagi😦 buat kalian yg kulit nya udh akut ga ada salahnya ke erha. Toh dokter kulitnya sdah spesialist dan terpecaya kok🙂 Terima kasih.

  10. Mba mau nny ni sy br pke erha sktr 3 mgu , kulit mmg udh trasa lbh lmbab tp kok sy rs masi kliatan kusam.. Ap hrs tgu 3bln dl y br trlht cerah?

    • Hai, semua perawatan muka itu, menurut saya, ya, tidak ada yang instan. Malah kalau bisa langsung bikin kondisi kulit berubah ya rada seram, sih.

      Mudah2an sih kalau sudah mengikuti petunjuk dokter dan teratur dalam merawat wajah, nantinya akan terlihat hasilnya.

      Sabar dan semangat!😀

  11. Mbak sy sudah menjalani perawatan slma 2bln tp smp saat ni blm ad perubahan apapun,yg ad skrg wajah terasa panas pdhl sy cm bermasalah pd jerawat aja.

  12. setuju kak!^^ aku udh ke Nat***a 2 tahun, awalnya cocok aja. tp semenjak kuliah tkt akhir banyak pikiran muncul jerawat di dagu yg udah sampe 6 bulan ga ilang2, selalu tumbuh baru. semenjak ke erha baru sekitar 10 harian udh nggaada jerawat muncul lagi. anyway thanks for sharing kak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s