Hello Real Play!



Sejak usia 1,5 tahun, satu-satunya kegiatan yang bisa membuat Menik duduk tenang lebih dari 15 menit adalah main cat. Kalau sudah digelar kertas dan dikeluarkan peralatan main catnya, wajahnya selalu sumringah dan terlihat semangat. Selain main cat ini, belum ada yang bisa bikin Menik duduk tenang kecuali gadget.

Tapi karena sedang dalam masa pemutusan hubungan dengan gadget, saya jadi sering (baca: hampir setiap hari) mengajak Menik main cat. Konsekuensinya adalah capek pas beresin, hahah. Eh, kenapa putus hubungan sama gadget? Well, sebetulnya saya termasuk orang tua yang tadinya nggak mau tergantung sama gadget untuk membuat anak tenang, tapi karena terkadang load pekerjaan cukup banyak, akhirnya saya jadi salah satu orang tua seperti itu. “Nik, boleh nonton YouTube atau main iPad, ibu mau kerja dulu ya sebentar” x)) 

Seiring waktu, saya mulai memperhatikan, prilaku agresif yang muncul setiap kali Menik habis main iPad atau nonton YouTube. Belum lagi kadang pipis dicelana saking tidak mau meninggalkan iPad karena belum selesai nonton atau main games. Waduh, rusak, lah! I feel guilty, and just like my friend said “feeling guilty is good. Artinya alarm masih nyala!” 



Akhirnya, sejak dua minggu lalu, saya memutuskan untuk menyelesaikan hubungan nggak sehat Menik dengan gadget. No Ipad or Youtube. Pretty extreme, but I don’t care.  Boleh nonton Cbeebies atau Disney Channel, sehari maximal 2 jam.  Konsekuensi dari peraturan ini adalah waktu bekerja yang lebih pendek, dan saya harus hadir menemani Menik setiap saat.  Tapi nggak apa-apa, karena kelihatan hasilnya! Yayyy, Menik jadi jarang marah, nggak pernah tantrum lagi. Lebih bangga lagi pas dengar cerita dari neneknya yang minggu lalu mengajak Menik ke rumah saudara saat saya ngeMC. Jadi saudaranya ngajak Menik nonton iPad, nggak taunya Menik menolak sambil bilang “Menik lagi nggak boleh nonton, Menik gambar aja ya!” Awww, that’s my girl! *bragging dikit, ya! hahahah*



okay, back to her story with paint. Walau ribet pas nyiapin dan beresin, tapi kalau lihat anaknya bisa duduk tenang dan ngayal sambil gambar, rasanya terbayar sih ribetnya. Belum lagi kadang suka ada ide muncul yang lucu, seperti rambut dari cap tangannya ini:



intinya, saya akhirnya percaya, bahwa untuk membuat anak berada di zona tenang, saya tidak butuh gadget. Iya, saya harus banyak memutar otak untuk mengisi waktu bersama Menik, tapi kalau lihat temperamen anaknya yang udah nggak pernah naik ke titik didih lagi, saya jadi  semangat untuk browsing pas Menik tidur, cari ide di Pinterest atau Instagram demi dapat ide bermain. Lumayan banget, sekarang saya bisa ngetik tanpa harus ngumpanin YouTube ke Menik. Cukup keluarin kertas sama crayonnya aja agar bisa duduk berdampingan. Saya kerja, Menik gambar atau main cat😉

Teringat selalu kutipan presentasi Mutia dari Menthilis yang bilang “quality time itu hanya butuh 3×20 menit perhari. Quality time artinya orang tua berinteraksi dengan anaknya tanpa ada intervensi gadget sama sekali” 

So put your gadget aside when you spend time with your kid and feel the difference. 

❤️❤️❤️

13 thoughts on “Hello Real Play!

  1. Aku juga lagi puasain anak dari iPad nih. hahaha Dia seringnya minta karena liat aku yg sibuk sendiri:\ Makanya sekarang jg browsing2-nya pas dia tidur aja baru keluarin deh itu tablet.
    1,5 tahun udah bisa diajak main cat ya, okesip! Kalo bole tahu jenis catnya apa ya Mbak? Merknya gituu…

    • Iya, sama. Makanya durasi tidur jadi lebih pendek, karena bisa kerja pas Menik udah tidur hehehe. Aku pake ELC atau kadang bikin sendiri. Search DIY Paint For Kids di Pinterest, banyaaakkk banget resepnya. Pas 1,5 tahun, Menik mulai hand painting. Jadi belum pake alat apapun, jangan lupa awasi supaya nggak dijilat ya hahaha

      • Ada, pastinya aman, gampang dicuci juga hehe. Kalo bikin sendiri bisa bikin cat versi matang, jadi adonannya dimasak dulu, diemin semalaman, besok pagi jadi cat yang aman. 😁

      • iya, kan panas tuh kalo baru beres dimasak hahaha.. tempatin di tempat saos gitu, atau botol aqua tutupnya dilubang2in, seru dipencet2! Kalau Playdoh bisa tahan 3-4 bulan, kok. Simpennya di wadah kedap. Mau awet lagi, lapisin plastik cling wrap dulu for each play doh, lalu simpan di kotak kedap udara. Kalau udara dingin, biasanya cepet lengket, taburin terigu aja lalu uleni sampai kalis lagi sebelum dimainin.

    • Kalau menurut penelitian, anak-anak yang hobinya nonton dan main games, cenderung lebih tidak sabar dan ingin sesuatu yg instan, karena di dunia maya, semua yg salah bisa direstart atau diulang, kan? Sedangkan kalau di dunia nyata, ada proses. Dan ini yg bikin anak-anak jadi agresif.

  2. Wah makasih tips2nya, anakku (4 taun, cowo) semenjak aku hamil kedua&mabok parah mulai kenal youtube, walopun yg ditonton kartun2&toys review sih, awalnya krn anakku aktif bgt dan sukanya main fisik (mobil2an,
    main bola,lari2an) dan emaknya bangun dari tempat tidur aja gak sanggup 😁 jadi disodorin deh ipod, pernah coba diselimurin pake buku cerita, buku gambar, cat air, playdoh tapi gak ada yg betah lebih dari 5 menit 😔 apalagi playdoh aduh mubazir banget deh, dipeperin kesono kemari, dibuang2, boro2 mau diajarin bentuk ini itu..trus anaknya sekarang jadi susah dibilangin, gak tantrum sih tapi kaya masuk kuping kiri keluar kuping kanan..kira2 efek gadget bukan ya? Kalo menik diajak main yg crafty2 gitu betahan gak? Pengen sih ngajarin biar antengan dikit tapi kayanya anakku tipe yg fisik banget..punya tips2 hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s