Sebelum Tidur

Morning! Tidurnya nyenyak dan cantik seperti ini?

baygon2

Gambar dari sini

Sebelum tidur biasanya pada ngapain? Baca buku? Sikat gigi? Ganti baju? Pakai kaos kaki?

Kebiasaan sebelum tidur ini merupakan salah satu rutinitas yang menurut saya sebaiknya dibiasakan dari kecil. Kenapa? Karena seperti yang banyak diceritakan oleh para ahli dalam hasil penelitiannya, bahwa rutinitas yang dilakukan dari kecil akan membentuk pribadi yang teratur. Biasanya kalau ada salah satu kebiasaan yang skip dilakukan, rasanya tidur jadi nggak tenang. Kalau dulu, sih, takut ditegur ibu karena lupa sikat gigi yang diikuti dengan lupa sholat Isya, hehe. Tapi pas sekarang sudah punya anak, jadi tahu bahwa kebiasaan baik tersebut dibiasakan memang untuk kebaikan diri sendiri. Tidur yang nggak tenang, kan, berarti istirahatnya nggak maksimal. Sayang banget, kan? Secara si tidur ini merupakan hal yang dinantikan oleh tubuh setelah beraktivitas seharian.

Anyway, ritual sebelum tidur saya, tuh, sebetulnya berantakan sejak punya anak. Tanya, deh, sama suami! HAHAHHA, sebelum melahirkan, jika sedang tidak ada kegiatan di luar rumah, maka pukul 9 paling telat pukul 10, maka saya sudah tidur :p Iya, kayak anak baik-baik, ya? Nanti bisa mulai beraktivitas sejak pukul 3 pagi lagi. Jadi, saya ini tipe yang mengutamakan tidur cepat, walaupun ada kerjaan. Kenapa? Bangunnya bisa lebih cepat, jadi rutinitas pagi tidak terganggu. Nggak ada cerita telat ke kantor karena telat bangun, deh!

Tapi pas sudah punya anak, ritual dan waktu tidur saya berubah tidak karuan. Walaupun, Alhamdulillah, saya dikaruniai anak yang tidak mudah terganggu tidurnya, namun tetap saja namanya anak bayi, ada aja drama tengah malam. Ya minta disusuin, atau ya nggak mau tidur aja, sampe ngompol dan ulangi terus lalu tiba-tiba sudah adzan subuh :p

Ketika Menik memasuki usia 1 tahun dan tidurnya mulai teratur, saya mulai membangun rutinitas sebelum tidur. Mulai pukul 8 malam, Menik saya ajak ke kamar mandi untuk sikat gigi, cuci muka, tangan, dan kaki seperti berwudhu. Ceritanya ngajari bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, dan tentunya untuk menjaga kesehatan. Kalau wudhu, untuk membiasakan, bahwa tidur dalam keadaan bersih itu wajib hukumnya. Oh ya, jika baru pulang dari bepergian, saya pasti mengajak Menik mandi pakai air hangat, kalau seharian di rumah dan sore sudah mandi, ya cukup dengan rutinitas sikat gigi tadi. Setelah itu masuk ke kamar dan ganti baju tidur. Ini jadi tanda, ketika sudah memakai piyama, tandanya sudah memasuki waktu tidur dan nggak bisa main lari-larian, atau cemil-cemil (kecuali mau ulangi sikat gigi, hehe). Lalu Menik boleh duduk di tempat tidur, nungguin ibu shalat Isya dulu, habis itu boleh pilih buku untuk dibaca atau diceritain buku di iPad juga boleh. Enak, nih, kalau milih iPad hahaha, tugas membaca bisa diserahkan ke narator. Oh iya, kalau udara di Bandung sedang dingin, saya juga mengajak Menik untuk memakai kaos kaki atau slipper. Kalau sudah selesai baca buku, mari membaca doa, matikan lampu besar, dan susui Menik hingga tidur.

Problem datang ketika Menik sudah disapih! Diapain nih supaya ngantuk kalau sudah habi baca 5 buku nggak ada tanda-tanda mau tidur? Ada beberapa pilihan kegiatan, hahahaha! Memang harus penuh akal kalau sudah menyapih anak. Ada satu rutinitas tambahan sebelum sikat gigi, yaitu minum susu hangat. Ya, ini kepercayaan di keluarga kami saja, sih, kalau sebelum tidur minum sesuatu yang hangat, perut rasanya kenyang, tenang, dan nyaman. Nah, sudah minum susu, baru lanjut sikat gigi, bersih-bersih dan ganti baju. Kalau belum bisa tidur juga, biasanya Menik boleh kembali bermain tapi tetap di dalam kamar dan main yang tidak mengeluarkan energi seperti main puzzle, main boneka, main lilin, atau mewarnai. Masih cenghar juga? Ajak ngobrol dan selfie, haha! Foto-foto berdua sebelum tidur lalu kirim ke suami juga bisa bikin Menik ngantuk. Ngobrol seperti cerita dan ulangi kegiatan hari tersebut apa saja, kalau topik pembicaraan sudah habis, biasanya main tebak-tebakan hewan. Saya menyebutkan ciri-cirinya, Menik menebak nama hewannya. Biasanya, sih, sudah begini jadi ngantuk lalu tiba-tiba nggak ada suara lagi alias sudah tidur. Kalau nggak tidur juga, ya keluarin jurus terakhir, deh! Digendong sambil dinyanyiin sampe merem.

Alhamdulillah, sejak menyapih dirinya sendiri, Menik mendadak panjang juga tidurnya. Nggak pernah kebangun tengah malam dan cari-cari susu ibu. Kecuali tidur siangnya kelamaan, jadi tidur malamnya pindah ke pagi :p Tapi ada satu problem yang ganggu dari Menik kecil yaitu: NYAMUK! Wah, ini adalah satu-satunya gangguan tidurnya Menik. Sejak bayi, Menik ini termasuk bayi yang tidurnya tidak mudah terdistraksi apapun. Saya tidak perlu sibuk nyuruh orang sekitar bicara perlahan atau menegcilkan volume tv jika Menik sedang tidur karena anaknya memang tidak pernah terganggu. Tapi kalau ada nyamuk yang berhasil hinggap dan menggigit, wassalam!

Soal nyamuk, suami saya jagonya. Hehehehe, pak suami ini juga musuhan banget sama nyamuk dan suka pakai perlindungan berlapis sebelum tidur supaya nggak diganggu nyamuk. Dari mulai pakai lotion anti nyamuk, menyemprot ruangan satu hingga dua jam sebelum tidur dan menyapu ruang tidur yang sudah disemprot, hingga memasang obat nyamuk elektrik. Ini sempat bikin heran pas baru nikah, sih, karena saya adalah yang cuek sama nyamuk. Sebetulnya bukan cuek juga, tapi saya nggak suka sama aroma menyengat dan kadang bikin sesak si obat nyamuk. Ketika Menik lahir, saya berpesan ke suami untuk mencari obat nyamuk yang elektrik saja. Supaya nggak ada asap dan nggak bau. Tapi sayang, kadang obat nyamuk elektrik ini seperti nggak ada khasiatnya. Nyala, sih, indikatornya, tapi nyamuk tetap ada. Tahu dari mana? Ya dari anak yang tiba-tiba bangun, keganggu sama nyamuk yang gigit kaki, tangan, atau pipi. Ya ampun. KZL, ya, kalau anak bangun karena nyamuk lalu bingung digimanain supaya tidur lagi karena udah nggak nyusu.

Jadi, sebelum tidur, ketika saya menemani Menik bersiap tidur dengan:

  1. Minum susu hangat.
  2. Mandi jika baru pulang bepergian atau sikat gigi, cuci-cuci, dan berwudhu jika seharian di rumah saja.
  3. Ganti baju.
  4. Baca buku.
  5. Ngobrol.
  6. Berdoa.

Suami saya selalu patroli melakukan beberapa hal untuk memastikan tidak ada nyamuk diantara kami bertiga, seperti mengebut tumpukan boneka Menik agar nyamuk yang bersarang disitu pergi, menyingkirkan baju yang digantung, dan menyemprot lalu menyapu kolong tempat tidur. Setelah itu, suami akan memasang Baygon Liquid Elektrik kemasan baru yang menurut si istri AKHIRNYA ada obat nyamuk elektrik tanpa bau yang ampuh menghalau nyamuk dan nggak bikin istrinya bete karena kabel beleleran kemana-mana.

baygon

Walau keliatannya slim, tapi Baygon Liquid Elektrik ini mampu menghalau nyamuk untuk ukuran ruangan sekitar 30 Meter Persegi selama 45 hari, loh. Ada indikator lampu tanda alat bekerja, dan tinggal lepas dari stop kontak saat tidak digunakan. Tapi kalau saya, sih, dipasang sepanjang hari. Toh tidak mengeluarkan asap, jadi bisa sekalian menghalau nyamuk di siang-sore hari. Coba cek video ini, deh:

Kalau sudah melakukan rutinitas ini, tidur jadi lebih nyenyak dan nyaman. Saya bisa tidur tanpa rasa bersalah dengar suami tepak-tepok kakinya kalau ada nyamuk hinggap. Saya juga nggak kesel kalau harus kebangun karena anak terbangun akibat gigitan nyamuk. Hahaha, ini judulnya harusnya “menyelamatkan tidur berkualitas agar ibu nggak cranky” ya? :p Oh iyaaaa, si obat nyamuk yang harganya nggak sampai 20ribu ini, juga kami pasang di ruang tengah dekat meja komputer. Nah, kalau tidur nyenyak, kan, paginya bisa diajak foto dan anaknya happy seperti ini, nih.

baygon1

Eh, ada yang punya rutinitas sebelum tidur juga dan merasa ada yang kurang nyenyak tidurnya kalau belum dilakukan?

7 thoughts on “Sebelum Tidur

  1. Kami gak pake obat nyamuk Ki. Soalnya kalo dah tidur gak berasa apa-apa. Hahaha.
    Kalo ritual sih akhir akhir ini menjelang tidur pasti gosok gigi, pipis, trus habis itu minum susu. Baca doa daaan loncat-loncat dikasur. Hahaha. Pokok ya maen yang high impact dan ngabisin energi baru habis itu baca buku ato ngobrol dan kalo ditanya udah mau bobok apa belom dan si anak bilang udah pasti habis itu gak nyampe 15 menit dah tenang. Matiin lampu dulu sih biasanya. Wkwkwkw.

    • Gue juga dulu aliran kayak elo gitu. Tidur ya tidur hahahha gak berasa gangguan apapun. Suami gue juga sebetulnya nggak bisa diganggu klo tidut, kecuali sama nyamuk. Ribet deh, kalo udah dihinggapi nyamuk hahahaha.. Makanya kebiasaan berubah pas nikah, tapi ya biarin aja suami yg ribet urus si nyamuk.

      Abisin energi daannn pastikan perut kenyang adalah yg terpenting setelah menyapih 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s