New Baby on The Kitchen: Lock & Lock Oven Glass Steam Hole

Sebagai pecinta pinggan kaca tahan panas, saya bahagia banget waktu ketemu dua kotak kaca bertutup hijau dan ungu lengkap dengan tutup steam hole yang berbentuk happy smile ini sampai di dapur saya. Terlalu banyak makanan yang bisa diolah dengan pinggan tahan panas, dan tentunya mempermudah penyajian karena tidak perlu memindahkan dari loyang ke piring saji. Praktis.

Jadi apa bedanya dengan Lock&Lock Glass yang juga saya miliki? Coba lihat foto ini:

unnamed (6)

Nah! pasti mata langsung nggak berpaling dari tutup silikon berwarna cerah itu, kan? ya itu bedanya!! Lock&Lock Oven Glass Steam Hole ini punya lubang udara pada tutup yang bisa jadi nilai fungsi Lock&Lock Oven Glass series; mengukus dan menghangatkan makanan. Memangnya aman? Jelas! Tutup berbahan silikon ini bisa tahan di suhu maximum 200 derajat. Jadi makanan nggak akan kering kalau isinya dihangatkan menggunakan microwave, dan cita rasa tidak akan hilang jika digunakan saat mengukus.

unnamed (4)

Semingguan ini seneng bener pake Lock&Lock Oven Glass Steam Hole. Apalagi ukurannya pas untuk bawa makanan Menik ke sekolah (yang baru seminggu sekali itu) hihiii. Pertama kali cobain masak Nasi Panggang Keju. Well, ini sebetulnya masak mendadak dan sedang tidak ada ide. Paling gampang kalau sudah buntu begitu, karyakan (saus) keju!! Jadi memang kebetulan dua hari sebelum masak Nasi Panggang, saya baru saja menyetok ulang saus keju di kulkas. Resep saus keju dari MKH ini saya dapatkan di Mommies Daily. Super gampang, bisa dibuat dalam porsi besar, jadi bisa disimpan dan digunakan sewaktu-waktu.

10958280_774855719264045_2102048452_n

Mau coba bikin Nasi Panggangnya? Gampang banget, kok! Panasin aja dulu ovennya. Kocok 1 telur, masukin isian sesukanya bisa sosis, daging asap, daging dada ayam potong dadu, tomat, brokoli, dan lainnya. Campur dengan 1 cup nasi hingga rata. Masukin ke Lock&Lock Oven Glass Steam Hole. Siram dengan saus keju, parutin keju lagi atasnya. Tutup dengan penutup silikonnya yang rapat, ya! Panggang di oven sampai matang. Sekitar 20 menit. Selesai!

Karena ukuran wadah ini kecil, jadi bisa langsung masuk ke tas bekal makanan. Di sekolah Menik juga ada microwave, jadi sebelum disantap, bisa dihangatkan langsung tanpa repot buka tutupnya. Panasin 1 menit, dan nasi panggang kembali hangat!

unnamed

Okelah, saya sudah hafal dengan performa Lock&Lock Oven Glass saat digunakan memanggang atau mengukus dan menghangatkan di dalam microwace. Dengan Heat-Resistant Glass yang tahan pada suhu oven 400 derajat celcius (jangan lupa buka tutup silikon jika digunakan pada suhu diatas 200 derajat celcius ya!) sudah bisa dipastikan keamanannya untuk dipakai mengolah masakan. Memang apa bedanya Heat-Resistant Glass dengan material kaca lainnya?

130220_GLASS

Jelas, dong, perbedaannya? Tempered-Glass ini bahaya jika digunakan pada alat makan dan masak di dapur. Warna pelangi pada Tempered-Glass menunjukkan stress yang tidak merata. Jadi kalau perangkat masak dengan bahan Tempered-Glass ini sering dipakai dalam microwave dan terdapat goresan, maka sewaktu-waktu Tempered Glass ini akan pecah tiba-tiba dengan sendirinya. Kalau Lock&Lock menggunakan bahas Borosilicate yang aman digunakan dan tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu panas dan dingin dalam waktu bersamaan. Jadi aman banget kalau dipakai dalam microwave, oven, bahkan dishwasher. Jadi mulai sekarang, perhatikan material kaca yang akan digunakan memasak dan makan, ya. Selain itu, Lock&Lock Oven Glass Steam Hole ini juga punya beberapa kelebihan seperti:

  • Tutup terbuat dari silikon yang aman ketika dimasukkan ke dalam microwave hingga suhu maksimum 200 derajat.
  • Terdapat steam hole (lubang udara) untuk sirkulasi udara pada saat dimasukkan kedalam microwave, sehingga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak menghilangkan cita rasa dari makanan.
  • Tutup silikon warna warni cerah dan karakter smile pada steam hole akan menambah ceria dapur Anda.

Kemudian saya jadi penasaran, dong, dengan performa Lock&Lock Oven Glass Steam Hole ini. Bisa dipakai di microwave dan oven, bisa nggak ya dipakai untuk menyimpan makanan di freezer? Eh, bisa! Agar rasa makanan tidak berubah, ada kiatnya, nih:

  1. Begitu selesai memasak, langsung simpan dalam Lock&Lock Glass Steamer, tunggu hingga hawa panas habis dan tutup dengan tutup silikon hingga rapat.
  2. Sebaiknya Lock&Lock Glass Steamer ini hanya diisi 3/4 penuh, untuk menghindari freezein inflation.
  3. Jika disimpan lebih dari 2 hari, sudah bisa dipastikan makanan akan beku. Defrost the container first, sebelum masuk ke microwave atau kukusan. Jangan lupa buka tutup lubang udara saat memanaskan di microwave.

I love this Lock&Lock Oven Glass Steam Hole, terutama dari segi keamanan bahan dan kepraktisan, ya! Bayangin, masak, simpan, santap, bisa dilakukan di satu wadah. Sejak punya wadah tahan panas dengan ukuran compact ini juga jadi lebih gampang bawain suami bekal makanan. Masak di malam hari, simpan di kulkas, besok tinggal dibawa saja langsung, dan dihangatkan di kantor sebelum dimakan.

Let me say this once again to my cute smiley silicone lid oven glass container: “welcome home!”πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s