Doctor For a Day!

Dulu waktu SD, saya sempat ikutan ekskul Dokter Kecil. Ini seru banget, loh, dari mulai workshop seminggu untuk pembekalan diri untuk jadi agent of change sampe pakai baju dokter setiap hari piket. Nanti kami bertugas mengingatkan teman untuk menjaga kebersihan sampai kpjaga di UKS. Yang kasih workshop juga kakak-kakak dokter dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) jadi ekskul ini serius, dan cukup membulatkan tekad untuk bercita-cita untuk menjadi dokter.

Tapi cita-cita jadi dokter ini saya kubur, ketika Bapak bilang kami adalah keluarga keturunan IPS, jagonya di ilmu sosial. Namanya nurut sama Bapak, jadi ya udah, BYE Dokter Sazki di masa depan.

Anyway, saya tetap tertarik dengan informasi kesehatan dan dunia kedokteran walau sekarang status saya adalah seorang sarjana sosial. Dan seperti anak-anak kebanyakan, Menik juga suka, nih, play pretend jadi dokter. Pasiennya yang paling sering datang ke dokter Menik adalah Adiwad (namanya Edward, tapi karena lafal belum jelas jadi Adiwad hihii) Seperti ini nih, kalau sedang main.

20150212-190842.jpg

20150212-190848.jpg

Biasanya sambil main dokter-dokteran, saya sembari mengenalkan anggota tubuh, dan penyebab serta pengobatan penyakit. Tentunya yang simpel misalnya common cold, mata kelilipan, dengkul berdarah, atau sakit perut. Terkadang Menik suka nanya detail, misalnya sakit perut. Kenapa sakit perutnya sampai di mana, sih, kuman penyakitnya? Waaahhh, kalau sudah begini, giliran saya yang mati gaya. Karena saya nggak punya alat untuk memperlihatkan lambung, usus besar, usus kecil, dan lainnya kan?

Tapi sekarang nggak bingung lagi. Karena saya menemukan aplikasi game Dokter Kecil pertama di Indonesia yang diluncurkan oleh Parkway Hospitals Singapore melalui Mount Elizabeth Novena Hospital di bulan Januari lalu.

20150212-191607.jpg

Wainiii! Mount Elizabeth ini sepertinya memang benar-benar serius memperkenalkan soal industri kesehatan dan juga pekerjaan para tenaga medis, ya. Kalau di Mount Elizabeth Novena Hospital ada program Doctor-For-a-Day & Hospital Land seperti yang pernah saya baca di Mommies Daily, sekarang yang belum bisa ke Singapore tapi ingin cicip main jadi dokter bisa cobain aplikasi ini.

20150212-192503.jpgMenurut dr. Kevin Loh, CEO Mount Elizabeth Hospitals, aplikasi ini ditujukan untuk menambah pengetahuan anak sedari dini tentang industri medis dan melakukannya dengan cara menyenangkan dengan kegiatan interaktif. Seperti biasa, saya mencoba dulu aplikasinya sebelum saya hand over ke Menik. Aplikasi ini cukup simpel dengan beberapa fitur seperti:

  • Prosedur medis.
  • Belajar teknik kebersihan dan cuci tangan.
  • Mengetahui beberapa teknik yang digunakan di ruang operasi seperti sayatan, injeksi, dan jahitan.
  • Belajar tentang nama dan fungsi anatomi tubuh.

Wait what? Belajar menyayat? Iya, hihii, tapi nggak menyeramkan, kok. Lalu soal jahitan, Menik suka banget nih, karena lebih mirip tracing pola gitu😀

20150212-193231.jpg

20150212-193901.jpg

Dari segi grafis, menarik, deh. Lalu semua kegiatannya konkrit jadi mudah untuk diingat. Sejak main Dokter Kecil di aplikasi ini, Menik tahu bentuk pisau yang dipakai untuk bedah beda dengan pisau dapur ibu, hihihi. Permainannya sendiri ada beberapa, seperti:

Ruang operasi

20150212-194425.jpg
Disini bisa pilih mau bedah tumor, katarak, atau operasi patah tulang. Jangan lupa cuci tangan sebelum masuk ruang operasi, ya!

Memori Anatomi
Ini favorit Menik. Menangang kali, ya. Harus mengingat posisi gambar sekaligus jadi tahu, bagaimana sebetulnya bentuk tulang, paru-paru, dan lainnya. Lihat, deh, video Menik lagi main. (Mohon maaf pencahayaan buruk heheh)

Dokter Kecilku

unnamed
Ini biasanya waktu pertama kali buka aplikasi, Menik bisa 10 menit sendiri milih outfit dokternya. Hahahaa. Lucu, sih. Pertama tentunya memilih jenis kelamin dokter. Lalu pilih model rambut, hiasan rambut, sampai alat kedokteran yang mau dibawa. Nah, ini banyak alat yang masih dikunci. Gimana caranya supaya kebuka? Cari poin yang tinggi di Memory Game dan Farmasi untuk membuka satu per satu, ya!

Farmasi
20150212-193938.jpgSeru, kan! Kalau mau cobain bisa search “Doctor For a Day” di App store atau Android Market. Aplikasi ini full gratis, jadi nggak ada fitur yang dikunci dan harus bayar untuk membukanya. Menik biasanya membuka aplikasi ini sambil memerika Adiwadnya, jadi semacam praktek langsung setelah melihat yang dilakukan di aplikasi Dokter Kecil ini.

Well, I can not separate iPad and its applications nowadays. Saya bekerja secara remote dari rumah, artinya saya harus memanfaatkan komputer atau tablet untuk bekerja. Bagaimana mungkin saya bilang tidak ke Menik, padahal setiap hari saya bergaul dengan gadget tersebut. Jadi yang bisa saya lakukan adalah memberi batasan waktu dan tentunya memilih aplikasi yang at least ada gunanya, bukan sekadar menghipnotis agar anak diam. Salah satunya adalah aplikasi ini.

Anyway, if you need more information about Mount Elizabeth Novena Hospital yang merupakan rumah sakit baru dari Parkway Pantai Group untuk konsultasi atau lainnya, bisa cek website http://www.parkwayhospitals.com ya. Kantor representatif di Indonesia ada di Wisma Tamara, Sudirman, Jakarta. Coba hubungi 021-520-7773 untuk keterangan yang lebih jelas.

Yuk, cobain aplikasinya! Selamat menjadi dokter sehari😉

2 thoughts on “Doctor For a Day!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s