Briefing Kelas Inspirasi Bandung 3

image

Waaahuuuuuuuuiiii, akhirnya lolos seleksi menjadi relawan pengajar di Kelas Inspirasi Bandung gelombang 3 tahun 2015. Kelas Inspirasi ini adalah bagian dari gerakan Indonesia Mengajar. Dulu, saya udah pengin banget daftar jadi pengajar muda yang dikirim ke pelosok negeri untuk menjadi guru selama satu tahun. Namun terbentur status pernikahan dan sedang  mengandung. Jadi pupus harapan.

Dua tahun lalu, saya mendengar ada potongan kegiatan dari Indonesia Mengajar, namanya Kelas Inspirasi. Tapi baru diadakan di Jakarta. Jadi programnya adalah ‘membajak’ satu SD untuk didatangi sejumlah relawan yang akan berbagi Inspirasi tentang pekerjaannya. Kenapa inspirasi? Ya untuk membuka wawasan, bahwa selain dokter, pilot, polisi, dan guru, ada BANYAK sekali profesi yang bisa dipilih.

image

Tahun lalu, saya ikut mendaftar. Namun tidak lolos. Kayaknya esai yang saya buat terlalu luas, dan nggak konkrit untuk anak SD. Tahun ini, saya memperbaiki kesalahan tersebut. I should say thanks to my daughter, karena punya anak balita membuat jalan pikiran saya lebih konkrit, mengikuti pola pikirnya. Jadi saya tahu apa yang harus saya lakukan dan tuliskan sebagai pembukaan inspirasi yang mau saya bagikan.

image

Dan surel yang ditunggu pun datang. Berniat membagi inspirasi sebagai penulis lepas, saya diterima untuk bergabung bersama sekitar 500 relawan lainnya untuk disebar ke puluhan SD di Bandung, Kota Bandung.

image

8 Februari 2015, di aula Gedung Sate Bandung, kami semua berkumpul. Selain brief soal apa yang akan kami lakukan, ada sharing juga bagaimana menghadapi murid-murid SD yang biasanya unpredictable. Lalu kami bertemu dengan teman satu kelompok sesuai SD yang akan didatangi dan mulai membicarakan hal teknis seperti pembagian kelas, opening dan closing ceremony serta menunjuk ketua kelompok.

image

Oh iya, salah satu sesi briefing ini adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Entah mengapa, mungkin karena terlalu lama tidak pernah menyanyikannya lagi, atau karena mendengar cerita bagaimana anak-anak SD ini menaruh harapan sebagai bangsa Indonesia, saya terhari sekali. Leher tercekat hampir menangis saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Lebay? Iya kali. Hihii.. Salahin si hormon ajalah :p

image

Back to Kelas Inspirasi, saya tergabung di kelompok 24, SD Babakan Jati 1. Dimana itu? KIARA CONDONG! Hahahaha sempat berpikir, kok nggak dapet Cipedes, atau Cisitu aja sekalian  biar deket hahaha. Tapi ya udah deh, nggak apa. Problemnya adalah di hari inspirasi 18 Februari 2015 nanti, saya dan teman lainnya harus berkumpul pukul 6 pagi. GIMANA TUH CARANYA? Menik gimana? Serahkan pada Allah SWT aja, deh, semoga rencana dan niat ini dimudahkan, jadi printilan lain juga ikut mudah dicari jalan keluarnya. Ini dia teman dan pendamping kelompok saya. Ada Yusuf (pendamping), Muchlis, Iqbal, Sintiana, dan Surya (nggak kefoto karena ijin 😁) Eh, ada dua nama lagi, sih, tapi nggak datang. Panitia sedang berkoordinasi, so we’ll wait.

image

Oh, saya juga berkenalan dengan dua perempuan cantik, yang diawal duduk sebelahan dengan saya. Nggak satu kelompok, but they are my first two friends di KIB3. Pauline dan Unis.

image

Semoga kami semua bisa menjalankan amanah ini, ya. Semoga seru kelasnya, semoga maksimum, dan semoga nggak ada yang aneh-aneh nantinya hahahhaa..

Salam semangat untuk Kelas Inspirasi Bandung 3!

14 thoughts on “Briefing Kelas Inspirasi Bandung 3

  1. waww kerenn..temenku lolos jg loh, itu pauline aku kenal juga, hehe.. pngn ikutan deh, tapi aku kerja fulltime, bisa ga yaaa?
    semoga lancar ya ka sazz..

    • yampuuun, takut apa coba? Kalo panjang, boleh dijabarkan di blog hihi.. gue juga takut, lah. Takut mati gaya mau ngomong apaan di depan anak-anak nanti😀 Ayo, dong, iseng daftar di kelas inspirasi berikutnya, siapa tau lolos dan bisa kasih inspirasi ke anak-anak soal mengatur uang itu penting😉

  2. Pingback: “Bu Guru, Cium, dong!!” | SAZQUEEN

  3. Pingback: "Bu Guru, Cium Dong!" | Kelas Inspirasi Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s