Big Achievement

image

Ceileh judulnya hahaha.. well, nggak ada maksud sombong, ini bener-bener cerita soal salah satu hal yang saya anggap jadi satu pencapaian terbaik dalam hidup hihi, terutama di dunia kerja.

Tahun 2005, saya diterima di radio ARDAN FM Bandung. Sebuah radio anak muda di frekuensi 105.9 FM dan dipercaya membawa acara Flight40 (top 40 countdown, live every Saturday for 4 hours), U n Me at Noon, dan Ardan INDIE 7 (tangga lagu untuk lagu indie). Nah, setelah merasa masuk di zona nyaman, sekitar tahun 2008 saya mulai mencari sesuatu yang baru.

Waktu itu, sebagai anak muda haha, kerjaannya cuma main dan main. Salah satu mainnya adalah mendatangi gigs lokal, yang membuka perkenalan dengan banyak musisi lokal. Musik mereka memang kadang terdengar aneh, makanya independen, karena nggak ada label mayor yang mau membantu menerbitkan dan menjual musik mereka.

And I thought: this is it! Saya mau membuat acara dimana musisi lokal yg susah promosi bisa mendapat ruang di sebuah radio anak muda. Awalnya susah sekali, setelah meramu beberapa kali akhirnya Program Director (waktu itu Eri Palgunadi) menyetujui untuk memberikan slot selama 1 jam setiap hari Minggu setelah INDIE 7.

Wah, rasanya super happy and excited! Saya bekerja sama dengan Eric Wiryanata dan Ryan Kusuma dari Deathrockstar.id untuk membuat play list dan mencari musisi untuk diinterview dan bermain live di SugarPop! Yup, itu adalah nama acaranya.

SugarPop! punya tagline “So Indie, So Eclectic” dan merupakan acara radio pertama di Bandung yg punya website sendiri. Oh, waktu itu website radio belum tenar dan dianggap nggak penting oleh manajemen. Padahal melalui web itu, saya bisa mempromosikan acara. Hasil on air diunggah di web, hasilnya saya bisa berkenalan dengan beberapa label internasional yang akhirnya ikut mempromosikan artis-artis mereka di SugarPop! At that time, acara saya tetap nggak dianggap oleh manajemen. Pokoknya menurut mereka yang nggak menghasilkan uang, ya, nggak guna :p Perjuangan on airnya juga nggak kalah seru. Ada untungnya menjalin hubungan baik dengan bagian IT, karena saya dibantu untuk bisa memutar lagu-lagu yang tidak ada di bank lagu pc radio. Caranya? Ada deh hahahhaa pokoknya saya dibantu Mas Anggie, macgyver nya ARDAN dan juga operator-operator kesayangan.

SugarPop! Berjalan selama dua tahun hingga akhirnya saya resign. Dari salah satu teman produser menyampaikan kalau acara tersebut sangat lekat dengan imej saya di sana. Jadi ketika saya keluar, acara tersebut juga dihentikan :))

Tak apa. Saya tidak sedih, karena sudah cukup banyak musisi lokal yang lagunya bisa didengar di antero Bandung. Saya juga senang, sekarang sudah ada beberapa radio yang menganggap bahwa musisi lokal itu penting dan lagunya pun enak untuk didengar.

Semoga suatu saat saya bisa menghidupkan kembali SugarPop! Dengan membuatnya menjadi radio online mungkin? Who knows?!😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s