Play IQ Workshop With Fisher Price

Play_IQ_tile_tcm222-173124

Sabtu kemarin, 25 Oktober 2014, saya dan banyak mommy bloggers berkumpul di Toys City Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta. Dari pukul 10 pagi, kami sudah mulai melakukan registrasi, mengisi formulir keanggotaan Lotte (mumpung gratis dan langsung dapet Kids Club Card juga), serta menikmati camilan dari Maquis yang ENDES bingit. Acara ini diadakan oleh Fisher Price yang menghadirkan Senior Marketing Manager SEA Mattel, Ms. Leong Meiyin, yang terbang langsung dari KL, Brand Ambassador Fisher Price Indonesia, Cathy Sharon dan anak laki-lakinya yang berusia 18 bulan -Jacob!, serta Psikolog Spesialin Perkembangan Anak, Mbak Vera Itabiliana, dan dipandu oleh Melissa Karim. Karena sudah pernah menghadiri acara yang diadakan oleh Fisher Price, saya selalu antusias kalau produsen mainan asal East Aurora, New York ini mengadakan acara. Apalagi sekarang judul acaranya ditambahin Workshop. Wah. workshop mainan?😀

FP3

Fisher Price ini sudah terkenal dengan dedikasinya menciptakan mainan anak. Bayangin aja, Fisher Price punya Play Lab, sebuah laboratorium yang sengaja didirikan untuk mempelajari perkembangan anak di setiap tahapan usianya. Jadi sebelum memproduksi mainan, Fisher Price sudah mempelajari dengan teliti agar mainan yang tercipta bisa menjadi salah satu alat untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

As we know, dalam masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan nutrisi yang tepat, waktu tidur yang cukup, dan juga waktu bermain. Ya, hidup anak-anak memang hanya seputaran itu, kan? Makan, main, dan tidur. Tapi sebagai orang tua, nggak mungkin, kan, kalau kita sekedar memberikan makanan tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya? Nggak mungkin juga, kita kasih kebebasan anak mau tidur kapan saja. Ada aturannya. Surprisingly, waktu bermain anak ini juga harusnya dimaksimalkan agar tumbuh kembang anak bisa dimaksimalkan. Dan inilah kenapa Fisher Price mengembangkan konsep “Play IQ, Lebih Dari Main!”

fisher

Menurut Meiyin, Play IQ adalah sebuah saranan untuk membantu orang tua memahami perkembangan fisik, kognitif dan sosial emosional anak. Tiga pilar utama perkembangan pada anak ini bisa dimaksimalkan sesuai dengan pribadi anak masing-masing. Kan, kita juga tahu, ya, kalau setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Nah, supaya nggak bingung bagaimana cara mengenali kemampuan anak agar proses stimulasi bisa dilakukan secara maksimal, Fisher Price mengajak kita untuk mengecek persona anak di http://www.fisher-price.com/playiq😉

fisherprice2

Persona anak adalah salah satu alat pengkategorian yang diciptakan oleh Fisher Price lewat identifikasi dari 87 jenis pencapaian tahap tumbuh kembang anak usia 0-24 bulan. Tujuh persona anak ini adalah:

  1. The Little Legend – anak menonjol di sisi fisik
  2. The Learner Lover – anak menonjol di sisi kognitif
  3. The Natural Charmer – anak menonjol di sisi sosial dan emosional
  4. The Small World Explorer – anak menonjol di sisi fisik/kognitif
  5. The Born Leader – anak menonjol di sisi fisik/sosial-emosional
  6. The Crowd Favorite – anak menonjol di sisi kognitif/sosial-emosional
  7. The Big Time Player – anak menonjol di sisi fisik/kognitif/sosial-emosional

Menik, adalah The Born Leader, dengan ciri utama tukang atur! HAHAHAHA.. Ya tapi dengan begini, saya jadi tahu caranya mengisi kekurangan dalam sisi sosial emosional si Menik, yang bossy banget. Mbak Vera memberikan masukan agar sering mengajak Menik bermain berkelompok dengan anak-anak yang seusia. Konflik pasti terjadi diawal, namun seiring waktu, anak akan belajar bahwa bermain bersama juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Salah satu produk Fisher Price yang bisa digunakan adalah Storybook Rhymes (yang alhamdulillah ada di Goodie Bag haha), anak yang terbiasa mengatur, bisa role-playing sebagai guru yang bercerita dan mengajak bernyanyi teman-teman sebayanya. Surprisingly, semalam saya cobain, Menik yang bercerita ke saya sebelum tidur. Doi seneng banget, tuh!😀

Kalau potensi dan bakat anak sudah mulai teridentifikasi, kita sebagai orang tua jadi lebih mudah memaksimalkan kelebihan dan mengisi kekurangan pada anak. Tentunya tujuan utama adalah si kecil dapat tumbuh dengan baik dan sukses dalam kehidupannya, kan?

PLAYIQ

 

fisherpricee

Mbak Vera juga menambahkan bahwa bermain juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan dengan serius. Karena menurut observasinya, orang tua sering melewatkan hal penting, seperti menjalin kelekatan dan memberi stimulasi yang tepat pada si kecil. Melalui bermain bersama dan bermain dengan mainan yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak merupakan salah satu hal yang penting dalam hal stimulasi. Kalau kurang stimulasi yang sesuai, nanti anak bisa mengalami berbagai masalah dalam perkembangannya. Ya, kalau orang tua kegiatan utamanya bekerja, kalau untuk anak bermain adalah pekerjaan mereka.

This useful information lead me to a conclusion: kalau kita tahu kelebihan dan kekurangan anak, memilih mainan untuk menghibur sekaligus menstimulus tumbuh kembangnya, pun jadi lebih mudah. Tepat sasaran dan nggak mubazir😉

fisheerr

FP4

 

Di akhir acara, Fisher Price mengajak anak-anak untuk mencoba berbagai mainan yang ada di floor stimulation. Ini semacam pop up play lab, kali, ya? Meiyin dan Mbak Vera membantu beberapa anak yang ada di sana untuk mencoba mainan Fisher Price sesuai umurnya. Mbak Vera juga menjelaskan beberapa kegunaan dari satu mainan yang bisa digunakan untuk menstimulasi anak. Psst, jangan lupa untuk membaca lembaran “Consumer Information” jika membeli mainan Fisher Price, ya. Supaya tahu cara pemakaian dan beberapa hal teknis yang dibutuhkan saat menggunakan mainan tersebut.

Eh, kemarin juga saya beruntung bisa menjawab satu pertanyaan kuis dan membawa pulang “Soothe & Glow Seahorse”🙂 Gemes banget, ini, buat teman tidur Menik (dan saya). Lagu-lagunya disetel dengan volume super lembut dan pas sebagai pengantar tidur. Thank you, Fisher Price!

FP1

 

7JFKG1uc

If you wanna know more about Fisher Price and their lovely information about their useful toys, silahkan langsung mampir ke website mereka di www.fisher-price.com atau gabung ke Facebook Page, Twitter, dan Instagram Fisher Price langsung, ya!

4 thoughts on “Play IQ Workshop With Fisher Price

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s