Telkom 147 Yang Nggak Ada Gunanya

Gesture 1 (thumb down)

Sebagai pelanggan Telkom dan Speedy, nomor pengaduan 147 tentunya yang jadi pegangan jika ada masalah atau gangguan yang terjadi. Sebetulnya, sejak dipasang dari tahun 2009, belum pernah ada masalah dengan koneksi Speedy di rumah Sangkuriang. Baru tiga bulan belakangan ini, koneksi internet terputus-putus. Ini tentunya merupakan hal buruk bagi saya yang bekerja mengandalkan internet, kan. Jika mengadu ke 147, jawaban yang diterima standar Customer Servie saja sesuai SOP mereka.

“Keluhan ibu sudah kami catat, dan akan kami teruskan ke bagian gangguan koneksi. Nomor pengaduannya sekian sekian, silahkan dicatat. Petugas akan menghubungi ibu secepatnya, paling lambat 3×24 jam. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.”

Begitu terus, sampai hafal! Hahaha. Belakangan saya terpikir untuk mengganti perangkat fisik modem, karena memang dari awal pemasangan belum pernah diganti. Pihak Speedy juga nggak pernah nawarin, sih. Jadi ini inisiatif saya sendiri. Jadi diakhir keluhan ke 147, saya menambahkan pertanyaan, “Mbak, kalau mau ganti modem bagaimana caranya?”

Jawabannya adalah “Silahkan ibu datang ke Plasa Telkom terdekat dengan membawa modemnya. Nanti bisa langsung tukar dengan modem baru.” WOW! Mejikkkk! Mudah, ya, ternyata?

NOT!!

Hari ini akhirnya saya ke Plasa Telkom Setiabudhi, karena memang lokasi ini yang paling dekat dengan rumah. Sesampai disana, saya mau naik darah. Customer Service bernama Alan menyampaikan kalau penukaran modem tidak bisa dilakukan di Plasa Telkom. I was like, WHAT? Terus itu CS 147 maksudnya apa? Atau saya yang bodoh sehingga gagal menerima informasi via telpon? Penasaran, saya langsung menghubungi 147 di depan CS tersebut. Dan karena penjelasan tentang tata cara penukaran modem masih sama, saya serahkan saja HP ke si CS di Plasa Telkom, biar ngomong sendiri, deh! Dan kedua CS tersebut saling adu argumen di telpon, dong. Huahahaha.. dagelan Senin! SOP di 147 dan Plasa Telkom ini nggak singkron, loh. Menurut CS di Plasa Telkom, peraturan penukaran modem ini sudah diperbaharui sejak Januari 2014. Bahwa untuk menukar modem, pelanggan harus menelpon ke bagian gangguan Speedy lokal. Jika pengaduan sudah masuk, petugas on ground akan menghubungi pelanggan dan mengatur jadwal temu untuk penggantian modem langsung di rumah pelanggan. Kemudian CS di Plasa Telkom ini juga bilang kalau mau komplain sebaiknya langsung telpon ke nomor Pengaduan Speedy lokal, untuk Bandung di 0227271855. Kalau telponnya ke 147, yang mengangkat telpon bisa ada di Makassar, Surabaya, Medan, dan kota lainnya. Jadi keluhan tidak langsung masuk ke Telkom daerah lokal. Hahahaa, ya terus apa gunanya itu nomor 147 digadang-gadang sebagai nomor komplain kalau nggak bisa menyelesaikan masalah dengan cepat? Zzzzz!

Anyway, akhirnya saya mendapat lembaran pengaduan dan diminta untuk menghubungi nomor telpon bagian Gangguan Speedy untuk konfirmasi jadwal penggantian modem. Menurut CS, pengaduan saya sudah masuk, jadi sore nanti atau besok pagi, petugas harusnya akan datang ke rumah dan membawa modem baru ke rumah.

Sesuai petunjuk si CS di Plasa Telkom, pukul 3 sore saya menghubungi bagian Gangguan Speedy. Dan ketika saya tanya, apakah modem di rumah bisa diganti sore ini, jawabannya “sebentar bu..” kemudian si petugas teriak ke rekannya di belakang “Soobb, modem beak, yaaa?” (Sob, modem habis, ya?) HAHAHAH! Kencang sekali suaranya. “Bu, sore ini modem sudah habis. Besok pagi saja telpon lagi. Oh ya, bu. Aturan, mah, kalau mau cepat langsung saja bawa modemnya kesini, ke Cikutra. Kalau lewat Plasa Telkom emang lama!”

YA AMPUN!!! hahahahah ini sebetulnya SOP Telkom gimana, sih? 147, CS di Plasa Telkom, dan petugas di bagian gangguan, beda semua jawabannya. Sebagai konsumen, saya kesal sekali. Koneksi buruk, mau ganti modem juga bingung tata caranya. Yang begini aja repot, ya, gimana SOP lainnya?

Semoga pelayanan Telkom Speedy bisa lebih baik, ya. Jadi pelanggan yang punya kewajiban bayar tiap bulan ini bisa mendapatkan haknya dengan baik. Aamiin!

 

Gambar dari sini

6 thoughts on “Telkom 147 Yang Nggak Ada Gunanya

  1. lbh gila lg, gangguan mulai dr Senin, stlh laporan katanya kami akan cek dl dr central 1X24 jam. krn bsknya msh blm conect akhirnya telp lg & dijanjikan ada petugas dtg kelokasi. bsk nya lg telp cm omongan doank, sampe hr Jumat janji didatangi petugas tp g ada yg dtg jg. trs mau brp tahun lg? Tong kosong, nyaring bunyinya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s