Al-Quran Menjawab

Selama bulan ramadhan tahun ini, tontonan yang nemenin nyiapin sahur adalah Al-Quran Menjawab di TVRI. Saya senang nonton acara berdurasi satu jam ini karena kehausan untuk mengetahui jawaban dari si maha sumber bisa dijabarkan dengan baik. Bukan sekadar tafsir, tapi yang disampaikan oleh Cak Nurhadi atau biasa disapa Cak Nur ini langsung to the point ke ayat Al Quran yang bersangkutan. Cari aja di YouTube kalau penasaran, ya!

Terus apa, nih, hubungannya sama postingan saya di hari terakhir ramadhan? Begini, loh, saya CAPEK banget baca status orang terutama di Facebook yang rasanya paling tahu segalanya. Dari mulai isu capres sampai konflik Gaza. Gile, Ndro!! Tulisannya, tuh, seakan dirinya ada di tempat kejadian perkara, misalnya gedung BI atau di Palestina, dan membeberkan hal yang dianggap dilihat oleh mata kepalanya sendiri. Eh, pas banget di salah satu edisi Al-Quran Menjawab, dibahas nih, soal golongan orang yang selalu menganggap dirinya memiliki pendapat yang paling benar. Ayat-ayat yang saya catat ini cukup luas bahasannya, mulai dari mereka yang menganggap dirinya adalah golongan (Islam) yang paling benar sampai orang-orang yang merasa omongannya paling benar. Ehem, serius dikit bahasannya, nggak apa, ya. Supaya berkurang suara yang cukup kencang meneriakkan pendapat pribadinya. Here we go!

Kuncian pertama ada di surat Al-Isra ayat 53. Bunyinya begini: Dan katakanlah kepada hamba-hambaKu, “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sungguh, setan itu (selalu) menimbulkan peselisihan di antara mereka. Sungguh, setan adalah musuh yang nyata bagi manusia”. Jelas banget, ya, kita semua bisa berselisih paham karena setan. Makin panas selisih pahamnya, ya, berarti setannya berhasil menjaga api yang sudah ia tiupkan. Jadi bok, makin sering elo update status provokatif, yang bikin si golongan A berprasangka buruk pada golongan B, berarti sih sama aja kayak siapa tuh kata Al-Quran yang suka bikin orang berantem? Nah!! Pinter, nggak usah ditulis jawabannya.

Selanjutnya lebih dalam lagi soal mereka yang suka merasa pendapatnya paling benar (dalam bahasa halusnya ‘Sok Pinter’ :p). Ada beberapa penjelasan Allah SWT di Al-Quran yang menunjukkan bahwa di dunia ini yang paling benar hanyalah ALLAH SWT. Cek surat Al-An’am ayat 117, “Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. Jelas bingiiiitt, kan? Lanjutin, nih, biar makin nggak suka koar-koar seenaknya karena sesungguhnya kita-kita yang suka adu mulut di dunia ini nantinya akan bengong mengetahui hal yang paling benar itu apa menurut Allah SWT. Ayat yang ini bisa diresapi oleh golongan yang merasa ‘islam’nya paling benar dan menghakimi golongan lainnya dan dengan mudah mengkafirkan seseorang. Di surat Yunus ayat 109:  “Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan. Dialah hakim yang terbaik” dan satu lagi ada di surat Taha ayat 135, “Katakanlah (Muhammad), “Masing-masing (kita) menanti, maka nantikanlah olehmu! Dan kelak kamu akan mengetahui, siapa yang menempuh jalan yang lurus, dan siapa yang telah mendapat petunjuk” Jadi gimana? Iya, jangan pernah merasa bahwa diri kita termasuk dalam golongan yang paling benar. Karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang mengetahuinya, dan nantinya akan dibuka mana sebetulnya golongan yang paling benar saat sudah berada di akhirat.

Jadi intinya apa, Saz? ya intinya begini, jangan pernah dengan jumawa merasa pendapat yang ada dalam hati dan pikiran kita yang paling benar. Perbanyak berpikir sebelum mengemukakan pendapat, perbanyak juga rasa takut menyebarkan informasi yang menyesatkan yang bisa menghancurkan hubungan baik antar manusia lainnya. “Itulah kadar ilmu mereka. Sungguh, Tuhanmu, Dia lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia pula yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk” (QS An-Najm, ayat 30).

Semoga kita masuk dalam golongan yang diridhai Allah SWT. Aamiin..

 

 

6 thoughts on “Al-Quran Menjawab

  1. wah ternyata ada juga yang suka nonton al quran menjawab di TVRI juga😀 . kebetulan banget ibu saya juga suka ni acara,sekarang emang jarang sih ustadz yang bagus dan berkualitas. si cak nur ini mengambil sumbernya langsung dari Al- Quran. semoga aja ini acara berlangsung walaupun ramadhan telah berakhir😀

  2. Syukur Alhamdulillah sy baru tonton acara Al Quran ditahun ini, sy sangat tertarik sekalu dgn acara ini coz Cak Nur benar2 ambil sumbernya dari Sl Quran

  3. Syukur Alhamdulillah sy baru tonton acara Al Quran Menjawab ditahun ini, sy sangat tertarik sekali dgn acara ini coz Cak Nur benar2 ambil sumbernya dari Al Quran

  4. Hi Saz, Assalamu alaikum wrwb,
    Syukur Alhamdulillah, saya juga baru mengetahui ada acara Alquran Menjawab yang di bawakan oleh Cak Nurhadi di tahun ini, saya senang sekali mengikuti acara tersebut, selanjut nya saya tertarik apabila ada yang punya kumpulan video nya supaya saya bisa mengikuti kajian nya secara ber urutan untuk saya share bersama keluarga, mohon info nya yaa … terima kasih,

    dbroer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s