The Menthilis Project

Saya senang mengerjakan keterampilan tangan sejak kecil. Hingga ketika dewasa, saya berjanji akan membuat banyak kegiatan DIY bersama anak. Tapi rupanya untuk mewujudkan dan menularkan kesenangan ini, tidak semudah membalikkan tangan. Sebut saja dalam pencarian bahan dan pola, apalagi ide. Kalau load kegiatan harian terlalu banyak, otak biasanya mentok dan kehilangan arah dalam mencari ide. Beruntung Mommiesdaily sekarang punya kontributor dari Anak Jempolan yang sering berbagi ide kreatif. Dan beruntung juga karena sekarang sedang tren langganan box kejutan, seperti Lola Box untuk beauty essentials dan Hijabead untuk kejutan setiap bulan bagi para hijabers, hari ini saya berkenalan dengan The Menthilis Project. Sebuah kotak kejutan bulanan untuk kegiatan si kecil usia 3-7 tahun.

menthilis1

Ketika starter box datang, tentu saja Menik langsung bertanya “ini apa, Bu?” dan ketika mengetahui kalau box ini untuk dirinya, langsung saja anaknya duduk manis menunggu si kotak dibuka. Begitu kotaknya dibuka, gambar besar sesuai tema box yang menyambut tentunya membuat Menik semangat. Tema box yang kami terima adalah Bermain Dengan Serangga, maka isinya terdiri dari dua kreasi besar yaitu Kebun Serangga dan Si Cemerlang Kunang-Kunang. Dua plastik terpisah berisi perlengkapan untuk membuat kreasi tadi dilengkapi juga dengan beberapa plastik berisi lem, gunting, cat dan kuas. Dan untuk melengkapi isi box, buku petunjuk dan sebuah bonus kegiatan juga ada di dalamnya.

What I love the most adalah pengingat untuk membaca petunjuk sebelum memulai kegiatan. Ini merupakan kebiasaan baik yang patut diajarkan, loh, Mommies! Menurut saya, jika si anak dibiasakan untuk membaca (buku) petunjuk, maka nanti saat besar ia tidak akan merepotkan orang ketika menerima benda baru. Karena apa? Karena mau membaca buku petunjuk.

menthilis2

 

menthilis 3

Menik memilih untuk membuat Kebun Serangga terlebih dahulu. Kami mengecat untuk membuat kepik dan lebah, saya bantu menggunting sebelum bunga dan daunnya ditempel di batang. Menik lebih banyak menempel dan bercerita ketika saya bantu membuat si kebun. Karena anaknya tidak sabar, proses mewarnai kepik dan lebah sedikit berantakan. Nggak apa-apa, sih, karena Menik jadi belajar kalau semuanya butuh proses, tidak ada yang instan.

“Yaahh, Ibu.. Gimana sih, warnanya?”

“Ya karena Menik nggak sabar, warnanya jadi tercampur. Kalau tadi mau nunggu kering, hasilnya pasti lebih rapih.” Kemudian saya melihat raut wajah seperti sedang mencerna penjelasan dari saya. Semoga ketika mengerjakan proyek selanjutnya, Menik mau sabar menunggu si cat mengering.

menthilis7

Ketika kebunnya jadi, wajahnya terlihat bahagia!! hahaha, nggak, saya nggak berlebihan. Kebunnya dipeluk dan dibawa kemanapun hingga Menik tidur, loh! Ulat dan kepik yang ada di kebun sesekali dielus-elus. Ketika sedang sibuk mengagumi si kebun, Menik ke kamar mengambil mini figure babi dan dinosaurus untuk ditambahkan kedalam kebun. Senangnya, semacam jadi bukti kalau otaknya terstimulasi untuk memikirkan apa saja yang bisa diletakkan di kebunnya. Selesai mengerjakan kreasi dari Menthilis, kami membereskan peralatan masuk kembali ke dalam kotaknya. Super praktis dan tentunya Menik kembali mendapatkan pelajaran untuk mengembalikan semua barang ke tempatnya. Ini seperti sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, deh. Selain melatih otak dan keterampilan, bertanggung jawab atas barang miliknya untuk selalu menjaganya juga didapat. Bonus buat saya adalah nggak repot mencari tempat untuk menyimpan printilan dari Menthilis.

menthilis6

Menthilis ini rupanya diambil dari bahasa Jawa yang artinya anak yang selalu aktif, ceria, lincah, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. The Menthilis Project ini ingin memfasilitasi rasa ingin tahu anak dengan menyediakan alat dan bahan untuk beberapa kegiatan seperti art & craft, percobaan sains, permainan, pengetahuan, dan lainnya. Satu box yang akan dikirimkan setiap bulan ini memiliki tema yang berbeda-beda untuk dapat melatih kreatifitas anak, menambah pengetahuan, membentuk pola pikir, mengembangkan imajinasi, keterampilan, dan logika anak. Karena dalam satu box, peralatan semua sudha lengkap tersedia, maka menurut saya kotak ini cukup praktis, karena tidak perlu repot mengumpulkan bahan yang terkadang tidak ada dan akhirnya jadi malas berkreasi.

Besok rencananya kami akan membuat Si Cemerlang Kunang-Kunang dari botol plastik kosong. Percayalah, karena setidaknya ada tiga proyek dalam satu box, maka ini bisa jadi jawaban ketika Mommies bingung mau melakukan kegiatan apa lagi bersama anak. Hmm, kira-kira tema untuk box bulan depan apa ya? Can’t wait!

Info Menthilis:

Kontak (SMS/WA) 087824283844

Facebook : Paket Kreatif Menthilis

Instagram : Menthilis

 

 

Review published at http://mommiesdaily.com/2014/07/14/menthilis-project/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s