Tipu-Tipu OL Shop

Alhamdulillah, bukan saya yang kena tipu. Terus kok bisa tahu? Emm, jadi ceritanya saya memutuskan untuk follow akun OL Shop di IG ini karena saya lihat postingan teman. Dibawah fotonya ada komentar, bertanya dimana ia beli sepatunya, lalu ada yang menjawab “beli di @LimitedShopHere aja, sis!” Iya, yang jawab bukan si empunya foto, tapi orang lain. Biasalah, tangan otomatis nge-klik kalau ada yang rekomendasi nama OL Shop (damn, endorsement!). Ketika sampai di halaman IG @LimitedShopHere, saya menemukan sederetan sepatu VANS, NB, hingga NIKE yang lucu-lucu. Koleksinya tidak pasaran, dan OL Shop ini mengklaim bahwa produk mereka 100% original, ada yang harus Pre-Order dulu tapi ada juga yang ready stock. Nah, saya berhenti disitu, sih. Eh, saya sempat klik tombol follow di akun @LimitedShopHere ini, deng! Hehehe. Jadilah timeline IG saya terkadang dipenuhi update-an dari OL shop ini. Saya jadi tahu, ownernya bernama Prita, trus ada satu nama lagi yang sering disebut, Jihan. Pertamanya saya kira Jihan ini owner juga, belakangan diketahui, Jihan hanya admin. Oh ya, admin-admin LimitedShopHere ini suka galak, bok, kalo ngasih pengumuman. Apalagi kan sudah jadi rahasia umum, ya, kalau (calon) pembeli di OL Shop suka kopeh gitu! Dikasih tau tanggal PO di foto sebelumnya, trus komen di foto selanjutnya nanya tanggal PO (DUUUH!) atau udah dikasih tau cara order gimana, eh malah sibuk pesan via box comment! Hahahaha, saya aja yang cuma liat-liat doang suka gemes sendiri!

Suatu hari, OL Shop ini mengumumkan PO untuk berbagai macam barang (terserah pembeli mau nitip apaan) karena owner mau belanja ke Singapore. Terlihat dari traffic upload-an foto, sih, ini buanyaaakkk banget yang mesen! Nah, disini saya mulai menemukan komentar-komentar yang menanyakan barang pesanannya. Model begini nih, “Sis, barangku kapan dikirim?” atau “Sis, PO yang Juli udah proses belum ya? Kok lama banget?” Curiga nggak? Enggak sih! Habis walau banyak yang nanya begitu, si OL Shop ini tetep upload testi dari para pembeli dengan caption TRUSTED SELLER gituuuu! Tapi kemudian, biodata di profil @LimitedShopHere yang biasanya menerangkan jadwal PO dan nomor kontak, sekarang menjadi “PO CLOSED! Dear All, tolong kesabaran untuk tunggu kabar dari Prita.” JENG JEENGGG!

LSH1

Si empunya OL Shop yang dikenal bernama Prita menghilang. Tiga orang admin sibuk mencari Prita sambil melayani komplain para pembeli yang rata-rata sudah bayar full. Yang konyolnya lagi, waktu di Singapore itu, ngakunya Prita dan Jihan yang berangkat dan belanja disana. Belakangan ketahuan kalau hanya Jihan (yang juga cuma admin) yang pergi dan disuruh ngaku kalau mereka pergi berdua. PUSING NGGAK SIH? Jadi si Jihan ini yang paling banyak diteror secara dia dikira pergi bareng tapi ternyata disuruh bohong. Pusing selanjutnya pas mereka mau trace rekening Prita. Ternyata rekening yang dipakai adalah rekening salah satu admin yang dikenal dengan nama Kisawani. Dari profil IG-nya sih, masih SMA di Sidoarjo (?). Kisawani ini ngakunya emang cuma dipinjem rekeningnya, karena nanti dia disuruh transfer ke beberapa rekening sesuai instruksi Prita.

Akhirnya salah satu korban berinisiatif bikin akun IG baru namanya @LSHevidence, ini buat ngumpulin bukti-bukti ceritanya dan supaya para customer yang kena tipu bisa tahu duduk perkaranya. Niat ya? Okay, long story short, setelah didesak akhirnya Kisawani ini mau ke polisi agar bisa lapor soal penipuan si Prita. Setelah sebelumnya, Prita sempat muncul menghubungi Jihan, minta tolong agar dibantu menyelesaikan masalahnya. Btw, satu insiden terakhir yang bikin rungsing adalah si Prita berhasil dapetin password akunnya balik dan dengan segera dihapuslah akun @LimitedShopHere di IG! KISRUH LAH! :’))

LSH2

Ini nggak penting ya buat di post? Well, buat gue yang gampang percayaan, cerita penipuan ini bisa jadi pelajaran. Selama ini alhamdulillah, belum (amit-amit jangan sampaiiii!) kena tipu. Walau belanjanya di OL Shop random gitu, bukan rekomendasi, pake feeling aja, Bismillah! Tapi pas ketemu kasus ini jadi mikir dua kali setiap mau belanja. Trus gue lebih milih belanja via webstore dibanding transaksi yang hanya mengandalkan BBM, WA, atau SMS. Halaman order biasanya dicapture sampai si barang sampai di tangan.

Uang emang bisa bikin orang keblinger, ya! Jadi owner OL Shop yang sehari bisa transaksi puluhan juta aja bisa gelap mata, gimana pejabat-pejabat di lahan basah, tuh, ya? *kibas dollar*

3 thoughts on “Tipu-Tipu OL Shop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s