Little Miss Indonesia is Bugging Me!!

Dulu, jaman hamil, channel yang sering saya tonton adalah Discovery Home & Health karena ada banyak program soal ibu hamil dan segala cerita serta problemnya. Selain itu, ada juga yang menarik, namanya Toddlers & Tiaras, yang di setiap episodenya menceritakan kompetisi 3 keluarga yang mengikutsertakan anak balitanya di beauty pageant contest. Terus terang, setiap nonton, saya takut! Hahaha..

toddlers-and-tiaras

Iya, ngeri gitu ngeliat anak-anak yang masih kecil banget, udah ‘dipaksa’ untuk pakai roll rambut pas bangun tidur, pake make up layaknya orang dewasa (saya aja gak segitu lengkapnya kalo pake make up), pake fake nails and nail polish, fake eyelashes, bahkan sampe dikasih gula supaya sugar high jadi ketawa melulu. I was like, WHAT THE HELL?? Setiap nonton tayangan Toddlers & Tiaras, saya makin lama makin ngerti kenapa kontes kecantikan di beberapa negara bagian barat sana, menjadi hal yang penting dalam hidup remaja putri. Seakan-akan, mereka memang dilahirkan untuk ikut kontes kencantikan, jadi memang sudah ‘seharusnya’ mereka belajar jadi putri-putrian sejak dini. *Lap Jidat*!!

Ingat dong film Little Miss Sunshine? Menurut saya itu merupakan film sindiran untuk kontes kecantikan anak-anak di Amerika yang sudah berlebihan. Iya, anak perempuan pake baju ala putri-putrian memang lucu, tapi kalau sudah dibuat menyerupai barbie secara gila-gilaan, itu sih sudah tidak lucu lagi. Mengerikan, sistaaaaa!

pageant+girl

toddlers-and-tiaras1

Anyway, karena di Indonesia, kontes kencantikan yang saya tahu tidak seperti itu, maka saya tidak pernah menemukan kontes kecantikan anak-anak yang berlebihan seperti Toddlers & Tiaras ini. Tapiiiiiiiiiii, di suatu sore yang tenang, setelah menyusui Menik, saat sedang menjalankan remote atas bawah mencari saluran yang pas, jari saya berhenti di SCTV karena melihat pemandangan mengerikan ala Toddlers & Tiaras tapi mukanya anak Indonesia semua. Persis seperti yang diceritakan sahabat saya, Tiva, di tweet-nya.

17898_451423644933606_1376250432_n

582059_321305918000086_1215046350_n

Kebetulan sekali yang saya tonton adalah Grand Final acara yang diberi nama Little Miss Indonesia. It’s freaking me out! Kebayang gak anak umur 6 tahun, pake sanggul tinggi banget kayak Barbie, lengkap dengan dress megar warna putih kayak pengantin, yang ternyata MENIRU Syahrini. *pingsan* Eh, saya gak anti Syahrini, ya. Bukan haters, bukan pula fans. Biasa aja. Iya, dari mulai gaya bicara sampai body language semuanya meniru Syahrini. Anak kecil itu mendesah ketika berbicara, bahkan Syahrini yang hadir disana pun terlihat sedikit terkejut dan bilang “Sayang, Syahrini nggak gitu, ah!”. Ini dia cuplikannya!

Gimana ibu-ibu? Kalau saya sih takut ngeliat begini. Yang lebih bikin bingung, gimana mungkin ibunya ikut ketawa ngeliat anaknya yang baru berumur 6 tahun, berbicara mendesah menggoda ala orang dewasa. Rasanya campur aduk, deh. Iya mungkin lucu di 2 menit pertama. Sisanya miris, kasihan, gemas, dan berbagai macam perasaan lainnya. Saya tidak anti kontes-kontes begini untuk anak kecil. Kontes begini melatih kepercayaan diri anak, tapi kemudian berubah menjadi eksploitasi jika mereka melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh anak-anak seumurannya.

Saya menunggu KPAI bereaksi atas tayangan ini. Saya sendiri berencana untuk menulis petisi agar acara-acara seperti ini tidak usah ada. Lembaga sensor juga bagaimana? Kok yang begini bisa lolos? Memangnya pantas, ya? Lalu setelah itu, kalau boleh saya sebagai ibu berpendapat, hendaknya orang dewasa di rumah juga melakukan penyaringan untuk tayangan yang boleh dikonsumsi anak-anaknya. Kenapa si juara I Little Miss Indonesia ini fasih menirukan body language orang dewasa? Berarti ia diajar dan diperbolehkan untuk melihat hal yang seharusnya belum boleh dilihat. Miris. Menyedihkan.

Terlalu sedih rasanya melihat kenyataan seperti ini. Apa yang akan terjadi selanjutnya untuk anak-anak kecil ini nanti? Iya, mereka dapat hadiah 50 juta rupiah, lalu apa? Hal apa yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup untuk bekal saat dewasa nanti? Am I too serious, here? Sayang sekali, untuk hal seperti ini, memang harus super serius. Karena usia anak-anak, adalah usia paling penting untuk jadi cermin saat kita dewasa nanti. Let’s think about it!

Gambar dari sini dan sini

23 thoughts on “Little Miss Indonesia is Bugging Me!!

  1. Kalo gw, freaking out pas nonton That’s MyBoy Indonesia!!!
    Lupa di Indosiar atau SCTV, pokoknya sore-sore gitu lah. Itu juga sama najongnya. Ada satu peserta (masih kecil! paling umur belom ada 3 taon) keliatan udah mau nangis di panggung, eh malah makin ‘digangguin’ sama dua presenternya sampe ngumpet ketakutan di belakang emaknya! Ya ampuuunnnnn… gw kasian amat ama anaknya! Dan keliatan bener dah, hampir semua peserta tuh yang keliatan napsu ya emang emaknya, bukan anaknya. Biasalah, emak-emak yang deep down inside pengen ngetop tapi karena sikon mereka nggak memungkinkan jadi diproyeksi ke anak masing-masing deh :p

    • -_________________-” HIH!! KOK BANYAK BANGET ACARA YANG BEGINIII?? Gue jarang nonton tv, jadi gak mantau, sekalinya dapet, malah nonton beginian. Ampun, deh! Itu kalimat terakhir lo, setuju, deh! Emak-Bapak pengen ngetop kok anaknya yang dipaksakan! Keseeelll..

  2. Setujuuu!!.Sy ga demen banget tuh sm konsep acara ini, nilai edukatifnya nihil. Sama satu hal lagi nih yg bikin sy gregetan.Tuh acara idol2an anak2, lagunya kok lagu dewasa semua sih yg dinyanyiin?

  3. ah bener banget mbak. ngeri yaaa.. liat anak-anak udah bermake up, rambut di macem-macem, pakaiannya-pun udah gak lucu lagi karena udah berpakaian ala orang dewasa…

    dan setuju kalau KPAI harus menindak acara semacam ini..😐

  4. Yah bagaimana pun mbak, acara seperti ini ada karena penontonnya juga ada, ratingnya juga tinggi, makanya terus berlanjut. Lihat aja komentar di video youtube LMI yg mbak kasih, banyak komen yang melihat adegan anak niru syahrini itu sebagai adegan yang lucu, bikin ngakak…
    Pas ada yang komen negatif aja, langsung ditimpal ama yg lain “kamu gak tau seni”….ckckck

  5. iya kalo liat Little Miss Indonesia langsung jadi inget film Little Miss Sunshine. Miris! Mana ada yang sengaja di-tan juga kulitnya.. ckck, semoga acara TV untuk anak-anak di Indonesia ke depannya lebih bermutu dan mendidik ya.. Amin!

  6. Mba Saz,
    Kalu mau bikin petisi, saya dukung!

    Asal muasal lahirnya generasi “Stupid Blonde” itu yah acara kaya gini, anak perempuan diarahkan untuk penampilan nomor satu, tp isi otak belakangan. Media, orang tua dan lingkungan ikut bertanggung jawab. Saya ngak mau anak2 saya nanti melihat dan meniru hal kaya gini.

  7. Mba Saz, saya dukung ikut petisinya! Saya memang belum menikah dan punya anak. Tapi punya adik perempuan kecil yang sedikit banyak harus saya awasi juga perkembangannya.πŸ˜€

  8. Eksploitasi anak. Entah kl di sini, yg di luar itu ada semacam toddlers & tiaras underground. Mereka ‘dijual’ ke petinggi2 yang pedofil. Maaf bgt, gue aja jijik bgt bacanya.

    Nggak pernah suka dengan kontes2 semacam ini. Nggak ada bagusnya juga untuk anak. Kontes nyanyi jauh lbh baik daripada beginian. Save our kids, I’m willing to sign the petition.

  9. Uya kuya yang punya franchise acara ini dari program tv Fliipina, mencelakakan anak-anak orang lain padahal dia sendiri punya 2 anak yang masih kecil. Semoga ia dan istrinya segera sadar. Sazqueen, terimakasih ulasannya ya, mewakili kecemasan banyak ibu-ibu seperti aku. Aku dukung 100% petisinya.

  10. Im with you!
    Gue nggak pernah mau support acara kontes2an, walaupun bilangnya bakat endebbre2, blah. Ujung-ujungnya adu kompetitip yang menekaan si anak. Apalagi dijadiin acara TV. Blah!

    Nggak ada lucu2nya, dan si yang bikin acara itu yaaaa, emang dia nggak punya anak? Kalo anaknya digituin gimana? Cih.

  11. Setuju sekali! Saya WNI tinggal di Amerika dan sangat disgusted dengan acara Toddler & Tiara. Sayang sekali kalau Indonesia meniru ini, anak-anak seharusnya harus jadi anak-anak saja jangan berdandan seperti orang dewasa. Dan bukan dandan saja, tapi attitude mereka benar2 mengerikan. Saya sedih kalau melihat acara seperti ini di Indonesia.

  12. Eeeek.. OhMyGoat! That was disgusting..
    Gue baru aja semalem pas nonton acara nya HitamPutih si Deddy liat anak macem Aqila, duileeeh.. geli liat anak macem gitu (sorry!).
    Sign me up mbak Saz kl petisi nya udh jadi ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s