Halo Geng Amplop!

piggy bankGambar dari sini

Sazki kecil bukan seorang yang gemar menabung. Jika ada ‘bonus tahunan’ dari orang tua, maka akan dihabiskan dalam sekali belanja. Biasanya sudah membidik satu barang kesukaan (tas, sepatu, asesoris, dan lainnya) yang harga dipas-pas-in sama jumlah uang tang akan diberikan. Hidup emang enak ketika masih bersama orang tua. Makan tinggal mandi, air untuk mandi selalu ada, bahkan perkara jepit rambut hilangpun bisa cepat diatasi oleh si ibu.

Life is so easy until my age reached 20. Uang kuliah yang tadinya selalu masuk tabungan karena saya mendapat beasiswa di kampus terpaksa berhenti karena (alm) Bapak sakit keras. Bolak-balik rumah sakit, tes kesehatan A B C D E, hingga opsi mau diperiksa di luar negeri membuat keluarga kami harus berpegangan tangan cukup erat agar keuangan tetap stabil, supaya semua bisa berjalan. God loves me so much, saat Bapak sakit, saya mendapat pekerjaan sebagai penyiar radio, yang kemudian menjadi jembatan untuk menjadi MC di berbagai acara atau sekedar isi VO untuk iklan tv, radio, dan porto berbagai perusahaan. Karena HARUS mandiri secara finansial, maka saya mulai membagi-bagi uang ke beberapa pos agar tepat guna, untuk tabungan, shopping, dan biaya hidup harian.

Inilah yang menjadi modal untuk saya belajar mengatur keuangan ketika sudah berkeluarga. Sebelum hamil dan masih bekerja, penghasilan kami berdua lebih dari cukup untuk berbagai pos seperti tabungan, biaya hidup harian, dan hiburan. Saya mulai belajar lebih detail soal mengatur keuangan sehari-hari ketika dinyatakan untuk bed rest dua bulan lamanya oleh dokter kandungan dan akhirnya memutuskan untuk resign, sehingga ‘kran’ keuangan kami tidak lagi beraliran ganda. Karena banyak browsing soal mengatur keuangan, saya juga jadi tahu soal pentingnya dana darurat, bagaimana investasi dapat mempermudah jalan untuk mencapai kebebasan finansial, sampai cara menghitung cicilan agar cashflow tidak terganggu.

239762_origGambar dari sini

Jadi bagaimana saya mengatur keuangan bulanan? Saya punya geng amplop, nih! Untuk mengisi, pastinya menunggu kiriman suami setiap tanggal 28 yang sudah bersih dari potongan cicilan rumah dan asuransi. Kemudian sejumlah uang saya tarik cash untuk kebutuhan sehari-hari, dan amplop adalah sahabat baik saya untuk hal ini. Dari mulai PLN, gas, aqua, bensin suami, sampai uang untuk belanja sayur tiap minggu sudah saya ambil dari awal. Sisanya saya bagi ke tabungan untuk dana darurat dan dana hura-hura. Karena sudah menentukan jumlah, jadi saya tidak perlu bolak-balik ke ATM, ini juga jadi kuncian agar keuangan tidak berantakan : TIDAK BOLEH TARIK UANG DI ATM JIKA BELUM WAKTUNYA hehehehe. Dana hura-hura ini sifatnya optional, dan biasanya suami suka transfer mendadak tanpa bilang-bilang, sehingga rasanya tuh, semriwing gitu kalau lagi mau belanja dan cek saldo, tau-tau jumlahnya sudah nambah hihii. Makasih suami! Dengan mengatur uang begini, cash flow bisa mengalir teratur tanpa rasa khawatir tentang tanggal tua.

liveolive-62_600

Satu yang belum terwujud adalah berinvestasi di reksadana, karena masih harus memenuhi jumlah dana darurat terlebih dahulu. Sambil menunggu si DD beres diisi, saya sering membaca artikel keuangan di www.liveolive.com terutama soal reksadana, seperti yang satu ini. Live Olive punya bahasa yang pas untuk menyampaikan berbagai macam hal soal keuangan terutama untuk wanita. Coba cek kanal YouTube-nya, deh. Interaktif dan tidak membosankan. Tidak lagi jenuh ketika harus belajar mengatur keuangan. Selain itu, follow twitter @liveolive, Google+ dan FB Live Olive untuk update hariannya. Worth to do, ladies!

Siapa yang bilang mengatur keuangan itu sulit? Yang sulit itu menguatkan niat dan menjaga hawa nafsu belanja, kaliii x)) Jangan lupa download aplikasi MyLiveOlive bagi Samsung-Android user agar mengatur keuangan jadi lebih mudah, ya!

2 thoughts on “Halo Geng Amplop!

  1. halo mba sazqueen, salam kenal yupπŸ™‚
    duh tertarik banget ini bahas soal keuangan…sekarang emang sedang belajar….hmmmm….btw mau download aplikasinya di samsung itu kok ga ada ya? aku cuma search name my live olive sih..disambung juga ga ketemu. thanks ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s