16 Oktober 2012

16 Oktober 2011, setahun yang lalu, Minggu. Semalam tidur berpelukan sama suami. Semalam juga mendapat janji kalau pagi ini, saya akan diantar makan bubur ayam Monas yang ada di Senayan. Berangkat pukul 8, kami sudah berada di tempat tukang bubur langganan saya dari kecil. BAHAGIA banget rasanya! Rino bilang, kalau hari ini akan ada acara temu para penjual (dan penggila) hot-wheels di area parkir kolam renang Senayan. Acaranya berlangsung pukul 4 sore. Terus kemana dong nunggunya? Cuci mobil dulu di daerah Radio Dalam. Makan gado-gado langganan dulu di kantor Rino yang ada di Sambas, Kebayoran Baru.

Akhirnya pukul 3 sore, kami berangkat Senayan. Gak tau kenapa, setahun yang lalu, sore itu tiba-tiba saya malaaaaaaaaaaassss sekali melakukan apapun. Padahal sebelumnya semangat banget mau nemenin suami ke swapmeet hotwheels itu. Kenapa semangat? Karena rasanya saya mau jalan-jalan keliling Senayan. Eh, pas udah sampe. Tetooott! MUALEEES!! Rino sampe nanya “Kamu gak apa-apa, Saz? Mau aku beliin apa? Ada tukang minum plus siomay sih kalo mau.. Tapi gak tau enak apa enggak.. hehe”. Saya cuma geleng doang, trus angkat kaki ke dashboard mobil. Tiba-tiba masuk sms ibu yang nanyain lagi ngapain. Saya jawab kalo lagi males, di mobil, nungguin Rino. Ibu ngingetin, supaya saya jalan-jalan, jadi kaki gak bengkak, dan janin yang ada di perut cepat lahir.

Setahun yang lalu, saya turun dari mobil, memotret beberapa kali, mencoba mengambil suasana seru swap meet hotwheels yang diikuti oleh suami. Jajan siomay yang ternyata gak enak rasanya, dan minum TehKITA satu botol. Beberapa kali memang perut rasanya tegang. Beberapa kali juga, saya memanggil Rino untuk make sure kalau yang saya rasakan hanya kontraksi palsu. Akhirnya kami pulang, dan sampai di Kalibata pas Maghrib. Saya langsung mandi dan salat.

Setahun yang lalu, saya duduk didepan tv dan menunggu tayangan masterchef USA 2. Sesekali merasakan tegang di perut. Saya sms ibu, nanya “Bu, kalo kontraksi tuh kayak di sinetron gak? harus sampe teriak-teriak kesakitan gitu? Kiki kayak kontraksi tapi kok gak kayak di sinetron?.

Balasan ibu: “Jangan mikir yang aneh deh, sinetron tuh gak ada benernya sama sekali! udah itung yang bener kontraksinya, kalo udah 5 menit sekali baru berangkat ke RS. Bismillah ya!”

Rino bolak-balik memegang perut saya dan bilang “ini udah keras kayak papan sih, Sayang. Kita mulai itung aja, yuk!” Dan setahun yang lalu, saya selalu memberitahu Rino setiap perut saya terasa kencang.

Hitungan kontraksi dimulai.

60 menit sekali.

45 Menit sekali.

30 menit sekali.

10 menit sekali.

10 menit sekali.

10 menit sekali

Rino bilang “SMS dokter Saz, kita siap-siap ke rumah sakit ya!”

***

Pukul 22.30, setahun yang lalu. Kami sampai di Kemang Medical Care. Mampir ke UGD, bilang mau melahirkan. Suster di UGD bertanya “Masih kuat jalan bu?”, saya mengangguk dan meneruskan jalan masuk ke lift menuju lantai 2. Melepas sepatu, diantar Rino masuk ke ruang bersalin. Disambut bidan Tetty, bidan Flora, dan Bidan Anna. Ganti baju, pipis, dipasang alat CTG, dan mulai rekam jantung bayi. 1 jam kemudian, bidan Anna masuk dan bilang:

“Bu, Pak, ini kontraksinya sudah teratur, dan karena sudah masuk 39 minggu 5 hari, ibu sudah tidak boleh pulang sama dokter Ridwan, Diperkirakan besok ibu sudah melahirkan..”

Saya liat-liatan sama Rino. Ok! Here we go. The real battle. Bahkan kalau dalam agama saya, melahirkan adalah jihad. Rino mulai mengurus kepentingan administrasi, oh saya pun meminta Rino untuk memberi kabar ke ibu dan mertua nanti jika sudah bukaan 5. Pukul 00.00, belum ada tambahan bukaan. Namun rasa sakit sudah mulai terasa. Saya mengelus perut dan bilang..

“Kapanpun kamu siap ya, Nak! Tapi jangan lama-lama, biar kamu dan ibu tidak lama-lama sakit dan capeknya.. Bismillah!”

16 Oktober 2011. Satu tahun yang lalu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s