Cerita 7 Bulan 1 Hari

Ada apakah sehari setelah Menik 7 bulan?

Ada peningkatan suhu tubuhnya. Awalnya pukul 4.30 pagi, saat adzan subuh berkumandan, lengan saya disentuh sama Menik. Selain minta jatah susu, Menik rupanya pup. Selesai dibersihkan, sebelum menyusui, saya mengusap kepalanya dan.. terasa panas. Galau langsung! haha.. Saya ambil termometer dan ternyata masih di 36.8 derajat celcius. Pukul 8 pagi makin naik ke 37.6, Menik saya boyong ke bak air hangat dan berendam selama 10 menit, kemudian saya susui lagi. Suhunya turun ke 37.2. Nafsu makan menurun. Kentang, labu siam, dan kaldu ayam kesukaannya hanya habis setengah. Alhamdulillah air jeruk masih masuk. Sorenya saya kasih bubur beras merah+kaldu ayam dan minum air jeruk, dan HABIS! yaayy… Suhu tubuh kembali ke 36.2. Suara melengking dan ketawanya juga udah balik lagi.

Menurut orang dulu, kalau badan tiba-tiba panas tanpa adanya batuk atau pilek, berarti mau pinter :p Saya kira tadinya mau tumbuh gigi, ternyata Menik mau berdiri sendiri. FYI, biasanya bayi berdiri di usia 8 bulan ya.. jadi jangan dipaksa bayinya. Kan setiap bayi pasti berbeda tumbuh kembangnya.

Anyway, panas atau demam tanpa batuk atau pilek itu biasanya karena virus. Bismillah tubuh si anak bisa melawan karena virus tidak ada obat. Nah, saya punya sedikit tip menghadapi panas atau demam:

  1. Terus observasi, jika sampai 38.3 derajat celcius dan anak terlihat tidak nyaman boleh diberikan paracetamol.
  2. Jika suhu tubuh meningkat, seka atau ajak berendam dengan air hangat. Kenapa bukan dikompres air dingin? Emm, panjang jelasinnya.. haha googling gih! intinya kalo dikasih air dingin, nanti tubuh salah terima sinyal jadinya bisa menggigil dan makin menaikkan suhu.
  3. Lakukan skin to skin contact dan ASI lebih sering.
  4. Awasi frekuensi buang air kecilnya, jika kurang dari 6x, hati-hati terkenan dehidrasi. Jadi kalo demam, perbanyak asupan cairan. ASI atau air putih hangat (jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan).

Intinya gini, jangan panik dan sabar. Kalo bayinya rewel, ya wajar aja. Kan sama aja kayak kita, kalo lagi demam, gak enak kan rasanya?🙂

Cepat pulih, nak! Biar bisa jalan-jalan lagi kita.. hihihi.. mwah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s