Be a Healthy Mom-To-Be!

Menjadi calon ibu adalah salah satu anugerah yang sangat indah. Saya mengalaminya tahun lalu, dan terus terang saja, hamil itu bagai candu. Terkadang ada rasa ‘rindu hamil’ yang datang tiba-tiba. Anyway, if you are pregnant now, I would like to say : CONGRATZZZ!!🙂 and please, enjoy your pregnancy! Salah satu cara menikmati kehamilan adalah dengan memperhatikan kesehatan tubuh kita dan janin. Kalau kita sehat dan senantiasa memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, insya Allah masa kehamilan akan berjalan lancar, dan kita bisa melahirkan dengan lancar.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap tubuh dan calon bayi adalah dengan makan teratur dan dalam porsi yang cukup. Selama ini banyak yang beranggapan, kalau hamil maka ibu boleh makan dua kali lipat. Naahh, kalo hamilnya kembar empat gimana? Makannya empat kali lipat juga? hehehe enggak dong ya. Tambahan makanan yang dibutuhkan adalah sekitar 300 kalori saja, kalo dikira-kira yaa.. tambahan makanannya adalah seperempat porsi makanan biasa. One thing to remember, ketika hamil ada indeks berat badan yang harus diketahui, supaya kita tahu berapa banyak berat badan kita harus naik. Silahkan tanyakan kepada dokter kandungan, dan pastikan Anda berada dalam berat badan aman.Karena berat badan ibu hamil ini juga menentukan kesehatan si bayi.

Eh iya, udah pada tau dong kalo pola “4 Sehat 5 Sempurna” sudah disempurnakan menjadi “Gizi Seimbang”? Dengan gizi seimbang, asupan nutrisi ke tubuh akan lebih maksimal. Jangan lupa kalau ‘susu’ bukanlah hal yang wajib. Nutrisi yang selama ini digembar gemborkan ada pada susu sebetulnya bisa didapatkan dari jenis makanan lainnya. Terkadang kandungan gula pada susu formula khusus ibu hamil dan ibu menyusui itu suka lebih dari yang disarankan ahli gizi, akhirnya menjadi obesitas, dan ini membahayakan ibu dan janin. Jadi saran saya (mengutip dari DSOG selama saya hamil), tidak perlu mengkonsumsi susu khusus saat hamil. Perbanyak makan makanan yang bergizi seimbang. Konsumsi Asam Folat nya juga jangan lupa ya. Asam Folat ini baik untuk tumbuh kembang dan bisa mencegah cacat pada otak janin. Asam Folat tidak berpengaruh apapun pada hormon Anda, jadi tidak usah khawatir.

Minum air putih juga jangan lupa ya. Lagi tidak hamil saja, air putih ini penting. Apalagi hamil, kenapa harus banyak minum? Agar tidak dehidrasi. Kalo jadi beser? ya rajin ke kamar mandi, sekalian senam kegel. Senam otot vagina atau kegel ini akan banyak membantu ketika Anda melahirkan nanti. Bagaimana caranya? Ikutan kelas senam hamil yuk! Senam hamil ini penting loh, kita bisa belajar berbagai macam gerakan yang berguna untuk memperkuat otot-otot yang akan dipergunakan saat kita berjuan melahirkan nanti. Jangan lupa ajak pendamping Anda (suami, ibu, mertua, adik, atau kakak) untuk ikut kelas ini, PENTING! hihihii..

Pastikan Anda mematuhi jadwal kontrol ke dokter kandungan atau bidan, agar perkembangan janin dapat dipantau. Dan jika ditemukan masalah, bisa diatasi sedini mungkin. Terakhir, perkaya diri dengan berbagai macam pengetahuan seputar kehamilan, melahirkan, dan menyusui. Bekal ini penting untuk dijadikan bahan diskusi ke dokter kandungan atau bidan. Jangan ragu untuk mencari opini dari dokter atau bidan lain apabila ada yang penjelasan yang mengganjal.

Selamat menjalani kehamilan. Seperti yang saya bilang diawal, nikmati masa kehamilan ini semaksimal mungkin. Karena candu-nya suka datang tiba-tiba😉. Stay healthy, preggie!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s