Selalu Ada Saat Pertama

Kalo menurut bahasa Jawanya tuh “There’s always the first time”πŸ™‚

Happy Menik

Hari ini, 22 Januari 2011, Menik berusia 3 bulan 5 hari, adalah hari pertama Menik berenang. Literally berenang di kolam, bukan di Baby Spa yang nge-trend belakangan ini. Bukan apa-apa, saya belum ada kesempatan untuk bisa icip-icip baby spa di Jakarta, eh udah keburu mau pindah ke Bandung. Tapi nanti pasti mau nyoba ke Mom n Jo di Dharmawangsa, secara ada teman saya yang kerja disana dan juga review bilang, ini tempat yang nyaman buat bayi.

Gimana persiapan membawa bayi usia 3 bulan berenang di kolam renang umum? Pertama, saya tanya dokter soal usia aman bayi berenang, jawaban dari DSA Menik: “Tidak ada batasan umur yang pasti, paling aman kalau kepala sudah tegak. Dan jangan lupa menyeleksi kolam renangnya”. Jadi pastinya saya survey dulu yang bener beberapa kolam renang yang menyediakan fasilitas air hangat dan bersih. Pilihan pertama jatuh di Dago Pakar Resort. Air di kolamnya hangat sekitar 36 derajat. Bersih, karena jarang ada yang berenang disini, dan murah -hanya Rp.20.000,- saja per-orang yang berenang (jadi kalo nganter doang gak berenang ya gak bayar).

Selanjutnya yang perlu dibawa adalah:

  1. Baju Berenang (ini nyarinya setengah mati, akhirnya dapet di sale mothercare. Susah apanya? Susah nyari ukuran Menik hehehe)
  2. Ban. Ini cukup penting ya, saya browsing dulu sebelumnya. Kemudian memutuskan untuk memakai neck ring (ban yang dipasang di leher), karena Menik sudah tegak kepalanya namun belum stabil. Nyari neck ring juga gak mudah. Di Mothercare/ELC gak ada, nyari di LAVIE (Bandung) gak ada, akhirnya dapet di YEN’S Baby Shop (Setiabudi, Bandung) dengan harga Rp.26.900,- saja.πŸ™‚ Di Yen’s ini banyak pilihan dan perlengkapan berenang bayi dari usia Nol bulan. Dan sebetulnya neck ring ini banyak pilihan dan harganya, dari mulai 26ribu sampe 60ribu. Tapi karena modelnya sama saja, dan setelah dipompa saya lihat tidak ada bedanya kecuali merk, maka saya memutuskan untuk membeli yang murah. Kenapa? Karena terus terang, neck ring ini tidak mau saya pakai lama-lama, kalo udah duduk tegap, mau saya belikan yang bentuknya ban biasa hehehe..
  3. Handuk tebal. Untuk membungkus badannya setelah keluar dari kolam, dan mengeringkan.
  4. Tissue Basah. Ini buat menyeka badan bayi. Karena saya di Bandung, dan berenang di daerah gunung, cuacanya cukup dingin. Begitu keluar dari kolam, saya langsung bungkus badan Menik, menyeka dengan tissue basah dan membalur badannya dengan minyak telon.
  5. Baju ganti. Bawa yang hangat juga. Saya tadi bawa celana panjang, kaos, jaket ber-hoodie, dan kaos kaki.

Udah deh, selain itu menurut pengetahuan saya, bayi boleh berenang saat tidak lapar dan bukan jam tidurnya. Maka tadi Menik saya susui dulu, kemudian membiarkan ia tertidur. Sampai di kolam, Menik bangun dalam keadaan fresh, hatinya senang, karena terus tertawa, dan ketika masuk ke kolam, tidak pakai acara menangis segala.

Ibu&Menik

Afterall, saya seneeeeng banget bisa bawa anak saya berenang di usianya yang baru 3 bulan ini, karena ternyata Menik menikmati momen berenang pertamanya. Menik meluncur kesana kemari, karena kakinya memang sedang hobi sekali menendang dengan kencang. Oh iya, berenang pertama ini saya ditemani oleh Ibu saya yang memang punya hobi berenangπŸ˜€ dan jangan lupa, menurut saya setiap bayi cukup menghabiskan waktu sekitar 15-20 menit saja. Karena kalau kelamaan bisa kedinginan dan terlalu lelah.

Eycan&Menik

Senjata terakhir setelah berenang dan dibersihkan badannya? Disusui tentunya :DΒ -semua orang juga suka makan kan sehabis berenang?πŸ˜‰ Saya susui langsung saja, karena selain membuat bayi tenang, juga bisa menghangatkan tubuh mungilnya.

Badan sehat, hati riang deh pokoknya. Selamat punya hobi baru ya, sayangπŸ™‚

LOVE,

Ibu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s