What’s With KMC Hospital?

Setelah mikir panjang, nulis apa yang kira-kira berguna  klo dibaca sama banyak orang (tsaaahh, kayak yang banyak aja yang baca blognya hahhaa) akhirnya saya memutuskan untuk menulis bagaimana ceritanya sampai saya bisa menjatuhkan pilihan ke sebuah rumah sakit bersalin, memilih ob/gyn, dan juga DSA. Ini mungkin seperti review, karena ditulis tanpa bayaran hahaha :p

Alkisah seorang perempuan baru menikah dan masih tinggal di sebuah kost di daerah Kemang Timur ingin melakukan pemeriksaan pra-kehamilan. Alih-alih males harus browsing untuk cari rumah sakit bersalin yang trendi dan direkomendasikan oleh ibu-ibu, maka saya langsung saja meluncur ke jalan Ampera Raya yang notabene tinggal lurus aja dari kost-an di Kemang Timur. Trus milih dokternya? Berikut percakapan saya dengan bagian admission.

Sazki : Sore mbak, mau ke ob/gyn yang available sore ini siapa ya?

Mbak-mbak Penerangan: Ada dokter Ridwan, bu.

Sazki : cuma satu?

Mbak-mbak Penerangan:  Ada dr. Achmad tapi harus by appointment, gak bisa langsung dateng gini.

Sazki : Ooo dokter terkenal ya? :p hahah ya udah mbak daftar dokter Ridwan aja. Saya cuma mau cek pra kehamilan kok..

Dan selanjutnya, saya mengisi formulir, dikasih buku dan kartu. Masuk ke bagian poli, ditimbang dan ditensi, trus duduk manis nunggu dipanggil giliran. Susternya trus manggil “Ibu Sazkia..”

Dokter pake kacamata frame oakley putih tersenyum lebar : “Sore Sazkia.. saya Ridwan” Mengulurkan tangan kemudian salaman.

Sazki : Halo dok..

Konsul pertama saya berlangsung kurang lebih 20 menit, karena ternyata ini dokter informatif abis-abis-an, dan gak bosen bilang “Ayo Saz, apalagi yang mau ditanyain?” -Saya dikasih pertanyaan gini mah kayak dikasih sambel, gak bisa berenti nanya jadinya. Sampe akhirnya selesai, dan si dokter bilang “Oke, sukses ya!”

***

Tiga bulan kemudian, saya merasa telat haid. Saya beli test pack, hasilnya positif. Tapi saya buang! HAHAHA takut soalnya. Sorenya beli test pack 3 biji,dan semuanya hasilnya POSITIF. Saya foto dan kirim via bbm ke Rino. Malam itu saya dan Rino nontonIron Maiden di Ancol, sambil senyum-senyum gak jelas karena tau ada yang ikutan nonton konser di perut saya. Besoknya, Rino ngajakin cek ke dokter. Saya baru mulai browsing daftar rumah sakit dan ob/gyn yang direkomendasikan dan punya review2 positif dari banyak orang. Tak disangka tak dinyana, ternyata KMC hospital adalah salah satu rumah sakit PRO ASI, PRO KELAHIRAN NORMAL, dan memiliki tenaga medis yang RUM. Review soal dr.Ridwan? hehehee saya gak salah pilih ternyata, sebagai dokter full time di KMC, gak akan ada kata telat dateng klo msialnya kita melahirkan, dan terkenal sangat pro normal karena sudah beberapa kali berhasil membantu kelahiran secara normal setelah pasiennya divonis harus c-sect oleh dokter sebelumnya.

Ngotot banget pengen normal, ki? LAAHH, C-Section itu mahal gilaa… keburu melahirkan deh klo harus nabung bayar operasi caesar. Hahaha.. Trus bukannya lo punya penyakit jantung, ki? Naahh, ini dia bukti dokter Ridwan adalah dokter pro normal.

dr. Ridwan : Hai Saz.. gimana? Hamil?

Sazki : haha gak tau dok, kata test pack yang sampe 3 biji saya beli sihh iya tuh positif.

dr. Ridwan : Haha gimana nih, Rin? (nanya ke Suami saya, sambil senyum senyum) Yuk di cek dulu.

USG 2D kemudian dinyatakan positif hamil 4 minggu. Dan tidak yang seperti saya duga, dokternya ngomong gini: Selamet yaa Rino, Sazki.. hamil nih 4 minggu. Saya kasih resep asam folat untuk kepentingan tumbuh kembang otak janin, ya.. Jangan makan yg mentah, minum susu, makan sayur plus buah ya.. Dijaga Saz, jangan kecapekan. Rin, istrinya suruh istirahat yang banyak, rahimnya dibelakang ini, jadi butuh perhatian ekstra, tapi juga ga esktra-ekstra amat.. ” Hahaha.. saya bengong.

Sazki : Susu apa dok yang bagus?

dr. Ridwan : Kamu suka susu apa biasanya? itu aja diterusin.

Sazki : ha? susu cair diamond, dok. Gak perlu susu ibu hamil?

dr. Ridwan : Gak usah, minum yang udah biasa diminum aja, daripada muntah. Isinya sama aja, kok.

See? Gak jualan nih dokter, tambah nilai positifnya. Mau tau apalagi yang gak dijual sama dokternya? Jadi, klo USG 2D itu bayar 90rb di KMC, kalo tambah print jadi 125rb. Saya cuma dikasih print satu kali pas usia kandungan masuk 4 bulan. Bulan depannya saya minta lagi dongg, buat dokumentasi, jawabannya “Ngapain di print, Saz.. mahal.. besok bawa flash disk aja.. saya copy-in nanti” Haahahaha kalo ada administrasi Rumah Sakitnya, saya rasa di banned nih dokter :p Atau pas saya minta USG 4D yang lagi ngetrend ituuuhh, jawabannya “Kamu mau banget? Kalau dari saya tidak perlu karena janinnya sehat dan tidak terindikasi cacat, tapi kalo mau banget, saya rekomendasikan ke dr.Bambang aja di YPK, tapi kalo menurut saya mendingan uangnya buat beli baju anaknya aja.. haha” x) x) gak jadiii deh USG 4D.

Sazki : “Dok, saya kan ada riwayat keturunan diabetes dan saya punya penyakit jantung arithmia cordis, bisa melahirkan normal?”

dr. Ridwan : “Arithmia-nya gimana, minum obat?”

Sazki : “Emm pingsan dok kalo kecapekan, gak ada obatnya, tapi saya terakhir pingsan pas kuliah.. itu juga gara-gara gak bisa nahan sakit pas mens”

dr. Ridwan: “ya udah, bisa normal berarti” kemudian senyum. HAHAHA kalem abis nanggepin pertanya saya yang berbau was-was.

Satu lagi nih yang saya suka, pas pertama kali tau saya hamil, dokternya ngasih nomer HP dan bilang “jangan ragu untuk sms atau telp saya kapanpun, jam berapapun, kalau ada masalah atau yang ingin ditanyakaan.” Nah, pernah satu hari, saya keluar flek lumayan banyak pas kandungan saya masuk usia 14 minggu. Saya sms “Dok, barusan saya ngeflek kira3 3 jari tangan banyaknya. Gimana ya?” apa balasannya? Telpon saya berbunyi sodara-sodara.. iyaa, dokternya nelpon langsung dan memberikan instruksi harus gimana dan kapan saya harus ke rumah sakit. HAHAHAH gak pernah kebayang, saya bakalan ditelpon ama beliau. Berarti selain sigap, ini dokter juga hafal record pasien2nya. Hits yaa? heheuhuee.. Nah, kalo pertanyaan yang tidak mengandung urgensi misalnya “Dok, perut saya tegang terus, kayak kram udah dari jam 5 pagi gak berhenti”, barulah si dokter membalasnya via sms juga.

Senam hamil di KMC juga menyenangkan. mulainya dari jam 9 pagi loh! walaupun agak rempong karena gak bisa daftar dulu, harus daftar langsung (jadi siapa cepat dia dapat), tapi karena materinya lengkap, senamnya jelas, dan pake kelas relaksasi di akhirnya.. saya jadi ngerasa siap melahirkan normal waktu abis senam hamil itu. Walaupun prakteknya, saya lupa semua pelajaran nafasnya pas lagi nahan sakit kontraksi, but at least I know how to raised my leg when the time comes to deliver my baby hehehee..

Another thing about KMC, bidan-bidannya baik baik dan sabaaarrr. Pas saya masuk ruang observasi, ada bidan Anna dan bidan Flora yang tugas. Dari mulai nyuruh ganti baju, masang mesin CTG, nyuruh sabar pas pembukaan mulai nambah, nyuruh saya ngadep samping kiri supaya bukaannya nambah cepet,  ngasih semangat pas mau melahirkan, sampe bantuin megangin paha supaya bisa saya pegang pake tangan saya. Dokternya? Senyum senyum senyum, kayak gak ada urgensi sama sekali, hahaha nyantaiiiiii, tapi pas ngasih instruksi tegas dan jelas. Jadi akhirnya saya bisa melahirkan dengan proses normal spontan, gak pake induksi, dipasang infus, bantuan vakum atau forsep, bahkan oksigen juga gak ada. Yang ada teh manis sama roti, trus sarapan yang seabrek abrek di ruang bersalin hahaha..

Ditambah lagi paketan ASI eksklusif (rooming in sama bayi, gak ada kamar bayi sama sekali, konselor dan dokter laktasi, sampe ngasih ASI pake feeder cup -bukan dot krn saya susah nyusuin, dan ngasih info soal donor ASI pas anak saya sempet kuning dan panas karena kurang ASI) yang mendorong saya untuk tetap semangat ngasih ASI walaupun ternyata nyusuin itu susah banget hauhauhaaaaa…

Kemudian di KMC juga ada klinik laktasi dan DSA yang bisa melakukan frenotomi untuk kasus tounge tie-pun ada di KMC, jadi ini buat saya plus plus plus, ibaratnya saya gak perlu kesana kemari untuk bisa menyelesaikan masalah masalah seputar kesehatan rahim dan anak.😀

Well, ternyata keputusan saya untuk bersarang di KMC buat urusan ibu dan anak sampai saat ini tidak salah. Dan bonusnya ternyata, arsitek yang mengerjakan bangunan KMC ini adalah om saya.. hahahhaa ini saya baru tau pas saya melahirkan, Nenek saya yang ngasih tau. Pantes aja feels like home.. :p

Terimakasih KMC, dr. Ridwan, Suster, Bidan, dr.Khairani, dr. Sylvie, dan dr. Asti Praborini untuk semua layanan dan pengetahuannya..🙂 Thanks for the good service.

17 thoughts on “What’s With KMC Hospital?

  1. Mba” Sazki salam kenal.. saya Desy masih belum tau hamil atau tidak karna dengan 1 test pax lum percya negh.. terlihat satu garis tebal n satu garis samar tapi terlihat.

    Boleh minta opini untuk harga Dr Ridwan sekali periksa itu bisa habis berapa y??

    Maklum calon hamil pertama jadi masih tanya” informasi.

  2. mba Sazki, seru bgt ceritanya.. klo di KMC kira” kisaran biaya di KMC berapa ya untuk dokter, senam hamil s.d. melahirkan ..?

    • Haloo..🙂 Kalo konsul ke dokter itu 225rb, senam hamil 100rb, klo melahirkan kemarin aku di VIP 3 hari 2 malem dengan persalinan normal spontan tanpa penyulit sekitar 12juta🙂

      • ok..ok.. thanks ya udah sharing, mba.. salam kenal..🙂
        jadi penasaran sama KMC, dan makin tertarik krn baca banyak review.. 225 itu cuma dokter aja y mba? blm termasuk obat&USG..? ga jauh beda kali ya harga taun kemarin sm sekarang..

      • iya 225rb dokternya aja, tapi karena di KMC sifatnya Rational Use of Medication (RUM), jadi obat/vitamin gak akan sembarangan diresepin. Saya biasanya bayar obat/vitamin cuma 30ribuan aja🙂 USG-nya yang 2D 90rb.. biar lebih enak, coba cek http://www.kemangmedicalcare.com siapa tau ada update harga disana.. Salam Kenal juga Erni😉

  3. Hai Mba Sazki,
    salam kenal yaah. I’m newly preggo nih, baru 5weeks dan masih bimbang antara pilih RSPI or KMC. Makanya pilih dokternya Dr. Fitriyadi yang praktek di keduanya hehehe. Tapi ini baca reviewnya Mba Sazki disini kok sepertinya tempting banget yah si Dokter Ridwan iniii *binguungg*.
    Eniwei, Dr. Ridwan ini rumahnya dimana tau gak mba? Aku pengen cari obgyn yang rumahnya deket RS, jadi sewaktu2 pas melahirkan deket gitu hehe. Thanks yaa🙂

    • halooo Nintaaa.. selamet yaaa, semoga hamilnya sehat terus🙂.. anyway, iya dokter Ridwan emang obgyn kesayangan akuuu hihihii.. rumah beliau di Jatipadang, 5 menit dari KMC😀 dan krn beliau residence dokter jd pasti stand by.. gimana? makin tempting gak? hahaa Selamat Memilih..😉

      • Aamiin, terimakasiihh🙂 Errr iyaaaa, tempting!!!! Baiklah Sabtu ini memang jadwalnya kontrol ke Dr Fitriyadi untuk dengerin heartbeat baby (mudah2an sehaaaat, aamin) trus 2 minggu lagi mau coba ke Dr. Ridwan kali yah buat compare hehehe. Thanks infonyaa🙂

  4. Heylo Sazki, just read your review about gave birth and the nice doctor, and u know what? agak berkaca-kaca bacanya dan liat foto2nya karena sy ada riwayat keguguran, but anyway…thanks for your info. Sekalian mau tanya, kalo kontrol kesana itu better weekdays atau weekend yah? krn kebetulan lokasi RS agak jauh dr domisili euy. Kalo weekend, dr. Ridwan ini praktek gak yah? Hasil test pack sih garisnya dua lagi, jd kali ini pgn cari second opinion. Thanks a lotttt….😉

    • Halo Ettaaaa, thanks for stopping by😉 virtual hugs dulu deh biar gak berkaca kaca lagi. Jadwal dr. Ridwan cek di http://www.kemangmedicalcare.com deh, dulu sih beliau praktek Senin-Sabtu yaaa.. jadi klo mau weekend bisa Sabtu. Tapi menurut kabar, pasien beliau makin banyak, apalagi weekend, jd better spend one free time to meet him. Biar gak buru buru.. Semoga hasilnya bener positif dan janinnya sehat selalu.. ditunggu kabar baiknya😉

  5. Dear Mom Sazki

    Salam kenal ya..
    Wah,,tulisan & reviewnya bagus..
    Wew,,jadi berencana hamil (lagi) dan melahirkan diKMC..hehe..

    Wah,,harga persalinannya masih lumayan terjangkau dg fasilitas seperti itu..dibandingkan RS lahiran saya dulu (padahal saya cuma kelas 1,tapi ya harganya beda dikit & tdk Room-in ma baby😦 ).

    Makasih banyak ya Mbak Sazki mau berbagi infonya..

    ^-^

  6. HI Sazkia,

    Seneng banget deh baca kamu punya story, kebetulan aku baru mau cari2 review dokter di KMC, karena baru test nih dan hasilnya positif, kira2 dokter ridwan itu mau di repotin gak kalau sms or tlp malem2, secara aku suka gangguin orang karena kalau inget baru aku tanya, hehehe doain ya beneran hamil nih.

    • Hello Roseparta, alhamdulillah. Semoga lancar ya hamilnya. Dokter Ridwan ini welcome banget, kok. Mau diganggu pasiennya, bahkan waktu saya dulu keguguran, beliau beberapa kali sms dan telp duluan ☺ one of a kind, lah. Hehee semoga cocok ya dengan dr. Ridwan dan KMC..

  7. Hi Zaskia salam kenal,
    Aku baru pindah k jakarta, sekarang lagi bingung cari dokter buat anak. Rumah sakit yang paling deket dari rumah sih RSPI. Pernah bawa anak yg paling bungsu 6mo kesana waktu diare ringan. Tapiii kok nggak sreg yah… pertama dateng nurse nya bilang “nggak bikin appointment sebelumnya bu? Harus nunggu agak lama” setelah nunggu bukan agak lama tapi lamaaaaa akhirnya ketemu dokter. hmmmm 5 menit nggak nyampe deh kayaknya, dokternya nggak komunikatif aku nanya dikit aja diketusin jadi males mo nanya nanya lagi. Trus ini lho yah pas nimbang bb anakku itu si baby tetep pake baju+diapers lengkap hasil timbangannya dikurangin 100gr, ini gimana yah? Syok juga akhirnya krn selama ini tinggal di bangkok nggak pernah nemu yang seperti ini.
    Skrg lagi cari review ttg kmc, ada temen yg bilang bagus. Si bungsu belum imunisasi yg 6bln, mau balik ke RSPI hati kok nggak nyaman ya… tolong dong info dsa recommended di kmc dan gimana pelayanan nursenya? Tempat tunggu anak imunisasi jadi 1dengan anak yang sakit? Trus nimbang dan ngukur tinggi badan anak teliti nggak? Kan harus di plot di buku tumbuh kembang.
    Pernah baca kualitas pelayanan kmc menurun akhir akhir ini, terutama staf administrasi dan nursenya, tolong bagi pengalamannya yah…thanks beraaaatt!

    • Hello, maaf ya baru balas. Pertama, aku harus kasih info dulu kalau saat ini domisiliku di Bandung, jadi terakhir bawa Menik ke KMC itu usia 3 bulan which means it was 3 years ago. Aku coba jawab sepengetahuanku, ya..

      1. Di Indonesia memang suster terbiasa ngurangin BB jika anak pake diapers. Dulu aku pernah tanya kenapa, jawabnya “orang tua di Indonesia suka males ganti, jadi kadang sudah penuh dan ngaruh di timbangan” x) Jadi aku biasanya kalau nimbang, anak pake baju yang tipis dan diapers baru diganti. Jadi suster gak repot ngurangi BB. Infoin aja kalau tidak ada bahan yang bikin berat..🙂

      2. Kalo ke KMC bisa ke dr. Endah atau dr. Margaretha. Selama aku jd pelanggan KMC, susternya baik dan komunikatif.

      3. Tempat anak imunisasi dan anak sakit sama. Dan sepanjang yang aku tahu, semua RS di Indonesia begini. Tapi di KMC kalau mau imunisasi biasanya nggak nunggu lama, jadi diduluin, dengan catatan hanya imunisasi, bukan konsul kesehatan.

      4. Mengukur berat badan, tinggi, dan lingkar kepala dilakukan dengan teliti. Selama ini belum ada yang salah atau kurang teliti.

      5. Soal menurunnya pelayanan, saya nggak tahu, nih. Tapi memang adminnya jadi lambat dan belibet pas beberapa bulan kesana untuk konsul ke obgyn.

      Coba cek http://forum.femaledaily.com/showthread.php?1963-DSA-di-Jakarta/page41 deh, mungkin ada review yang lebih up-to-date. Dan cek http://forum.femaledaily.com/showthread.php?4037-Kemang-Medical-Care-(KMC)-Jakarta untuk review KMC terbaru.

      Semoga membantu, ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s