[RESEP] Nasi Briyani Versi Aceh

Alkisah si ibu tiba-tiba kepengen bikin nasi Briyani, dan kemudian beliau browsing resep trus bilang “waaakks! ribet ya resep briyani yang asli Arab, pake susu segala lagi. Hoeekkk!” Kemudian beliau lanjut browsing dan bilang “Nah!! Masak yang versi Aceh aja, deh! Rempah cuma 9 jenis, pake yoghurt, bukan susu”. Si anak sholehah cuma manggut-manggut aja, sampai tiba-tiba menerima amanah “Kak, masak, dong, Briyani-nya.. Itu bumbu udah siap semua..” *zuummiinnnzuummmauuttt* x)) Masakan tradisional dengan 9 macam rempaaahhh? Ha? Nasinya masak manual, gak pake rice cooker? Sumpah, rasanya mau kabur ke Toko Setiabudhi trus beli bumbu briyani instan dan cemplungin ke rice cooker.

briyani2

Tapi kan titelnya anak sholehah, *HAHAHAHHA*, jadi saya nggak kabur ke supermarket, kok. Tadinya rada malas mesti ngaron nasi manual, tapi kemudian penasaran sendiri, karena rempahnya ada 9 jeniissss. Dan setelah dicoba, ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. (Hilangkan adegan Menik minta disusuin, Menik minta digendong, dan Menik minta ikutan ngaduk nasi diatas dandang!)

Okeh, tanpa panjang lebar, ini dia resep saduran dari Kitab Masakan untuk Nasi Briyani Aceh!!

briyani 1Bahan:

  • 1 Kg Beras putih kurus panjang
  • 2 liter air
  • 6 sdm minyak goreng (pakai minyak samin lebih enak)
  • 2 bawang bombay, iris bulat-bulat
  • 10 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang kayu manis (kira-kira 6 cm atau 2 ruas jari)
  • 12 butir kapulaga
  • 30 butir cengkeh
  • 4 buah bunga pekak/lawang
  • 400 gram daging sapi lamur, potong kecil-kecil
  • 2 sdt adas bubuk
  • 1 sdt jintan bubuk
  • 2 sdt pala bubuk
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 175 ml yoghurt tawar
  • 6 sdm margarine
  • Kismis
  • Kacang mete
  • Bawang goreng

Cara Membuat:

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan kayu manis, kapulaga, cengkeh, bunga pekak/lawang. Tumis sampai harum.
  • Masukkan potongan daging. Masukkan bubuk bumbum adas, jintan, pala, merica, dan kunyit. Aduk rata, masukkan air, masak daging sampai matang. Masukkan yoghurt, aduk rata.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, aduk rata dan masak sampai air habis. Angkat lalu kukus di dandang yang sudah dipanaskan, masak nasi sampai matang.
  • Masukkan margarine, aduk rata. Tabur kismis dan kacang mete, aduk rata. Tabur bawang goreng, daann SAJIKAN!

 

briyani3

Oh iya, jika mau skip dagingnya, airnya jadikan 1.5 liter saja, dan masukkan kaldu bubuk ayam 1 sdm sebelum memasukkan yoghurt, ya!

Jadi deh, nasi briyaninyaaa :D Enak disantap sama kari ayam atau ayam bumbu rendang, plus emping. Eits, kalau asam urat, pakenya kerupuk biasa aja. Sayur yang bisa jadi pendamping itu labu siam rebus atau wortel rebus. Gimana? gampil, kan?! Yuk, masak nasi briyani buat lebaran! *dipelototoin ketupat opor ayam* x))

5 thoughts on “[RESEP] Nasi Briyani Versi Aceh

  1. Keliatannya, sih, gampang. Cuma cemplang-cemplung aja. Pengen nyoba tapi mualessss masaaakkkk… Sama, Ki, kemaren gue bikin Tom Yam pake bumbu instan aja (berarti cuma sebentar), Rory ribut minta gendong… Itu yang paling bikin males masak, sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s